Berita Bekasi Nomor Satu

Persiapan Ujian Akhir Semester Ganjil, Guru Tuntaskan Materi dan Buat Soal HOTS

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMP PGRI II Kota Bekasi saat mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Persiapan mulai dilakukan oleh beberapa guru di sejumlah satuan pendidikan wilayah Kota Bekasi menjelang ujian akhir semester ganjil pada Desember 2022 mendatang.

Sesuai kalender pendidikan, pelaksanaan ujian semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK akan dilaksanakan dalam rentang waktu 5-9 Desember 2022. Sebelum pelaksanaan ujian semester ganjil, guru di sejumlah sekolah tengah menuntaskan beberapa materi yang belum tersampaikan dibarengi dengan pembuatan soal ujian.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 15 Kota Bekasi Dhani Irawan menyampaikan, dalam beberapa pekan ini guru tengah melakukan penuntasan materi dan pembuatan soal ujian.

“Karena pelaksanaan ujian akan dilaksanakan di awal Desember 2022, jadi ada yang sudah mulai membuat soal ujian ada juga yang dibarengi dengan penuntasan materi yang belum tersampaikan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (14/11).

BACA JUGA: Ujian Sekolah 2023, Calon Peserta Mulai Didata

Soal yang disusun oleh tenaga pengajar berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Soal HOTS dibuat karena ujian akan diikuti oleh peserta didik secara daring.

Guru mempersiapkan soal-soal HOTS dan memberikan latihan, karena kami akan melaksanakan ujian dengan tatap muka, namun dengan sistem daring menggunakan gadget,” jelasnya.

Selain memberikan latihan ujian, pihak sekolah melalui guru juga akan memberikan kisi-kisi kepada siswa jelang pelaksanaan ujian semester ganjil tersebut.

“Guru mata pelajaran masing-masing akan memberikan kisi-kisi sebagai bekal mereka untuk belajar di rumah,” ucapnya.

Pelaksanaan ujian yang sebelumnya sempat dilakukan di rumah masing-masing siswa, membuat sekolah saat ini lebih banyak mempersiapkannya. Mulai dari  kesiapan siswa, soal, maupun ruang kelas yang akan digunakan untuk ujian.

“Tahun ini kami kembali melaksanakan ujian secara tatap muka, jadi kesiapannya harus dilakukan matang. Dari mulai kesiapan siswa, pembuatan soal, sampai dengan ruang kelas yang akan digunakan siswa untuk ujian,” terangnya.

Sementara, Kepala SMPN 2 Kota Bekasi Rudi Winarso menyampaikan, ujian pada tingkat SMP akan dilaksanakan dalam rentang waktu 5-9 Desember 2022.

Sehingga kini sekolahnya melalui guru tengah melakukan berbagai kesiapan, seperti pembuatan soal, pembuatan kartu ujian, dan ruangan sebagai tempat pelaksanaan ujian.

BACA JUGA: Edukasi Seks Hanya Diberikan Siswa lewat Mata Pelajaran

“Karena akan dilaksanakan secara tatap muka, banyak persiapan yang harus dilakukan mulai dari sekarang. Mengingat waktu menuju awal Desember itu sebentar lagi,” tuturnya.

Sama dengan SMKN 15 kota Bekasi, SMPN 2 Kota Bekasi juga tengah menyusun soal HOTS untuk pelaksanaan ujian semester ganjil bagi seluruh siswanya.

“Soal yang kami buat itu soal-soal HOTS, jadi agar siswa terbiasa dengan bentuk soal yang seperti itu,” terangnya.

Dalam pelaksanaan ujian semester ganjil ini, pihak sekolah mengingatkan kepada siswa untuk bisa lebih fokus belajar. Dengan demikian, saat pelaksanaannya siswa mendapatkan kemudahan dalam mengisi soal-soal yang ada.

“Kami ingatkan kepada siswa dari sekarang untuk bisa fokus belajar agar hasil yang diperoleh mendapatkan nilai yang bagus. Sehingga tidak harus dilakukan remedial, jadi harus dipersiapkan dengan matang karena pelaksanaan ujian sudah kembali dilaksanakan tatap muka dengan pengawasan yang cukup ketat, ” pungkasnya. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin