Berita Bekasi Nomor Satu

Perketat Pengamanan Nataru

ILUSTRASI: Dilengkapi senjata, Polisi ketika melakukan penjagaan di Polres Metro Bekasi Kota Jalan Pangeran Jayakarta, belum lama ini. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ribuan petugas gabungan disiapkan untuk menjaga Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Selain itu, Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) juga akan dioptimalkan di tiap kelurahan guna mengantisipasi tindak kejahatan di Kota Bekasi selama libur Nataru.

Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan bahwa pengamanan Nataru telah dirancang secara keseluruhan. Ribuan petugas disiapkan dari unsur TNI, Polri, Satpol-PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Palang Merah Indonesia (PMI), dan unsur masyarakat lainnya.

Untuk menjaga keamanan di lingkungan masyarakat selama libur Nataru, seperti kejahatan Rumsong, hingga kejahatan-kejahatan lainnya. Pemkot disebut akan mengoptimalkan Siskamling.

“Kita akan bangkitkan lagi terkait dengan sistem keamanan lingkungan, Linmas juga kan kita punya lebih dari 2 ribu, kita libatkan semua,” ungkapnya, Minggu (11/12).

Sementara terkait dengan pergerakan keluar masuk warga, ia menilai Dishub telah menyiapkan alternatif transportasi, maupun sarana dan prasarana transportasinya.

Libur Nataru tahun ini, Tri menyebut beban pergerakan orang dan barang selama Nataru diperkirakan tidak menumpuk pada hari tertentu, lantaran hari libur dinilai relatif panjang.

“Jadi beban pergerakan orang, barang, dan jasa, saya kira akan bisa terpantau, terbagi,” tambahnya.

Sebelumnya, rapat koordinasi pengamanan Nataru diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) akhir pekan kemarin. Sejumlah titik di wilayah Kota Bekasi menjadi perhatian, diperkirakan menjadi lokasi berkumpul masyarakat.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, pengamanan akan melibatkan 1.355 personel gabungan, terdiri dari Kodim 05/07, Polres Metro Bekasi Kota, Pemkot, Organisasi Masyarakat (Ormas), Pokdar Kamtibmas, Senkom, hingga pihak swasta.

“Para personil ini nanti kita tempatkan pada titik-titik Pos PAM dan Pos Pelayanan yang ada,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombespol Hengki.

Pos Pengamanan dibangun di beberapa titik, diantaranya Harapan Indah (HI), Kota Bintang, Pos Lantas JORR Jatiwarna, Simpang Komsen Jatiasih, Mall Ciputra, Galaxy Park, Perum Dukuh Zamrud, dan Ramayana. Petugas telah memetakan beberapa titik yang diperkirakan menjadi lokasi warga berkumpul.

“Selain itu ada beberapa titik yang kita perkirakan warga berkumpul, yaitu kawasan Summarecon, Blue Plaza, BTC, Transpark, jembatan layang Kranji, Kota Bintang, dan Harapan Indah,” tambahnya.

Sementara untuk pengamanan ibadah Natal, personil gabungan akan berkoordinasi dengan pihak pengamanan internal tiap gereja. (sur)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin