Pergantian Tahun Lebih Meriah

KEMERIAHAN PERGANTIAN TAHUN : Foto udara suasana pergantian malam tahun baru 2023 di Bekasi Selatan Kota Bekasi, MInggu (1/1).ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Malam pergantian tahun di akhir pekan kemarin sesuai prediksi, kembali berlangsung meriah setelah dua tahun dibatasi secara ketat. Ruas jalan kota ramai oleh pengendara dan masyarakat, kembang api nampak menghiasi langit di berbagai sudut perkotaan menjelang hingga beberapa saat setelah pukul 00:00 WIB.

Hiruk pikuk nampak pada malam pergantian tahun, nampak di berbagai titik yang diprediksi menjadi lokasi berkumpul masyarakat. Pesta kembang api nampak pada detik-detik pergantian tahun.


Salah satu titik keramaian berada di Komplek Plaza Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, beberapa kegiatan dilaksanakan pada malam pergantian tahun. Keramaian juga nampak di luar plaza, terutama pada detik-detik pergantian tahun, warga memadati ruas Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Di lingkungan masyarakat, tidak sedikit juga warga yang menyalakan kembang api. Di setiap titik lingkungan tempat tinggal warga, nampak keluarga berkumpul untuk menyambut pergantian tahun.


“Kangen banget dengan suasana yang seperti ini. Dua tahun terakhir kita kan gak boleh merayakan malam pergantian tahun, karena ada ada pembatasan keramaian,”kata salah seorang warga Kecamatan Bekasi Timur, Deny (32).

Petugas berjaga di berbagai titik, mengantisipasi keamanan hingga memastikan arus lalu lintas tidak terkendala. Ribuan personel sudah dipersiapkan sejak jauh hari untuk mengantisipasi keramaian akhir tahun yang diprediksi akan berbeda dengan situasi dua tahun terakhir.

“Kita terjunkan 2.250 personil, baik dari Polres, Kodim, Pemerintah Kota Bekasi, Dishub, Satpol-PP, Damkar, dan semua unsur terlibat lainnya,” kata Kapolres Metro Bekasi Kota, menjelang malam pergantian tahun kemarin, Sabtu (31/12).

Ribuan petugas dipersiapkan untuk berjaga di lokasi pertunjukan, pengajian, hingga di lokasi yang telah memiliki izin menggelar pesta kembang api. Pengamanan termasuk dilakukan di ruas jalan kota.

Setidaknya ada empat titik keramaian yang menjadi fokus perhatian petugas kemarin. Keempat titik tersebut yakni Plaza Pemkot Bekasi, kawasan Summarecon, Trans Park Juanda Bekasi Timur, dan kawasan Bundaran Harapan Indah (HI).”Ada empat keramaian yang besar pengunjungnya,” tambahnya.

Di lingkungan Plaza Pemkot Bekasi, kegiatan menyambut pergantian tahun diikuti oleh ribuan orang, diantaranya seribu anak yatim piatu. Kegiatan bertajuk Semarak Tahun Baru Bekasi tersebut dirangkai dengan beberapa kegiatan, diantaranya berbagai sajian tari tradisional, pertunjukan sulap, live music, film sejarah perjuangan KH Noer Alie, hingga perjalanan Pemkot Bekasi satu tahun kebelakang.

Video mapping yang ditampilkan di gedung 10 lantai mendapatkan rekor muri. Bak layar yang terbentang megah, video mapping tersebut menampilkan banyak tema.

Kegiatan di akhir tahun itu juga dirangkai dengan dzikir dan santunan seribu anak yatim piatu. Kegiatan ini ditujukan untuk merefleksikan perjalanan selama tahun 2022.

“Santunan kepada seribu anak yatim piatu yang kami berikan pada malam hari ini merupakan bentuk perhatian kami, dan juga sebagai bentuk rasa syukur atas segala raihan di tahun 2022, agar mereka bisa merasakan kebahagiaan yang sama seperti kita,” kata Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto.

Detik-detik pergantian tahun dihitung mundur bersama-sama hingga tepat hari menunjukkan, Minggu 01 Januari 2023. Live akustik dan video mapping bertema nyala kembang api menutup kegiatan di lingkungan Plaza Pemkot Bekasi. (Sur)