Dongkrak IPM Kabupaten Bekasi

PAHAMI BEKASI: Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan membaca buku sejarah Bekasi di Kantor Bupati Bekasi Desa Sukamahi, Cikarang Pusat. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Sejumlah kebijakan Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan dinilai berani dan mendapat respon positif selama menakhodai Kabupaten Bekasi. Pembangunan infrastruktur, menekan angka pengangguran hingga pengisian jabatan kosong dilakukan.

Setidaknya, ada 38 titik jalan kabupaten dibangun. Tersebar di berbagai kecamatan, mulai dari Cikarang Timur, Cibarusah, Karangbahagia hingga Tarumajaya. Harapan warga pada pelebaran Jalan Cikarang-Cibarusah pun, akhirnya terwujudkan. Ini merupakan bentuk kerja sama antara Pemkab Bekasi dan Pemprov Jabar. Tidak sebatas dibangun, jalan ini pun dinamai sesuai dengan ulama sekaligus pejuang asal Bekasi, KH Raden Ma’mun Nawawi.


Kemudian, pembangunan juga dilakukan di 456 titik jalan di lingkungan, lengkap dengan 3.043 titik penerangan jalan dan 162 titik drainase. Di sektor pendidikan, ribuan siswa kini dapat belajar dengan lebih aman dan nyaman. Pasalnya, 51 ruang kelas untuk SD dan 44 ruang kelas untuk SMP telah dibangun.

Kemudian ratusan ruang kelas yang rusak pun kini sudah layak digunakan dengan rehabilitasi 268 ruang kelas SD dan 84 ruang kelas SMP. Di sektor kesehatan, Kabupaten Bekasi kini telah memiliki tiga unit puskesmas yang baru dibangun, sedangkan 19 unit puskesmas lainnya direhabilitasi.


Tidak sebatas pembangunan sarana publik, ranah privat pun turut disentuh. Sedikitnya 2.500 rumah warga yang tidak layak huni kini telah diperbaiki sehingga nyaman untuk ditempati. Turut dibangun juga 1.434 jamban di rumah warga dalam program SPALDS.

BACA JUGA: Kans Dani Ramdan Maju Pilkada Serentak 2024 Masih Kecil

Di sektor lainnya, langkah progresif ditujukan Pemkab Bekasi. Pemberdayaan masyarakat terus dilakukan mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi kecil, pariwisata, pertanian dan berbagai sektor lainnya. Langkah ini turut mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bekasi di angka 75,22, tertinggi di antara kabupaten lain di Jawa Barat.

Lalu, langkah berani juga ditunjukkan Dani dalam memimpin. Di antaranya, dengan menindak tegas para pelaku pencemaran lingkungan, baik limbah maupun sampah. Komitmen ini, Dilakukan Dani membentuk satuan tugas penanganan permasalahan lingkungan hidup, serta untuk mengatasi pengangguran Dani juga membentuk satuan tugas penanganan pengangguran.

“Menekan angka pengangguran menjadi fokus utama dari pembentukan tim ini. Karena Kabupaten Bekasi masuk pada kemiskinan ekstrem, oleh sebab itu langkah langkah saya ambil melalui kebijakan,”kata Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan.

Kata Dani, dirinya masuk dilantik sebagai Penjabat Bupati Bekasi untuk mengoptimalkan perencanaan yang sudah teralokasi sejumlah anggaran.

“Tidak ada anggaran yang saya susun ya. Karena masuk saja kan dipertengahan, oleh sebab itu saya hanya memaksimalkan program-program yang sudah terencana dan saya jalankan bersama jajaran dengan kesungguhan. Dan Alhamdulillah serapan anggaran pun juga maksimal capaiannya,”ucapnya.

Dengan keberanian Dani dalam menjalankan serta mengambil kebijakan, dirinya juga telah melakukan pengisian jabatan kosong yang sudah lama secara berangsur. Dari langkah langkahnya dalam bekerja sebagai Pj Bupati Bekasi, setidaknya Pemkab Bekasi telah menorehkan sejumlah prestasi. Salah satunya adalah mengawinkan Juara Umum Porprov Jabar dan Peparda Jabar.

Kemudian juga berbagai apresiasi di tingkat provinsi maupun nasional. Di antaranya Peringkat 1 Nasional Realisasi Investasi Tahun 2021, Penghargaan Nasional Anugerah Revolusi Mental Tahun 2022 dan Peringkat 1 Nasional atas capaian Penyelesaian Penetapan dan Penegasan Batas Desa.

“Tentu hal ini apa yang saya lakukan hanyalah menjalankan tugas sebaik mungkin. Karena jabatan ini adalah sebuah amanah yang akan saya pertanggung jawabkan nanti. Dan semua torehan prestasi ini tentunya dukungan semua pihak yang ada di Kabupaten Bekasi,” tutupnya.(and)

 

BIODATA

Dani Ramdan

Lahir: Garut 1 Desember 1970

Riwayat Pendidikan:
• SDN Sarijadi 3 Bandung (1982)
• SMPN 12 Bandung (1985)
• SMAN 2 Bandung (1988)
• Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Bandung (1991)
• Institut Ilmu Pemerintahan Depdagri Jakarta (1996)
• Magister Perencanaan Kota dan Daerah (MPKD) UGM Jogjakarta (2000)
• Doktor Ilmu Administrasi Program Pascasarjana Unpad Bandung (2012)
Riwayat Pekerjaan:
• Ajudan Gubernur Jawa Barat (2001- 2002)
• Konseptor Gubernur Jawa Barat (2003 – 2008)
• Kabid Sosial Budaya Bapeda Prov. Jawa Barat (Januari – Agustus 2009)
• Sekretaris BKD Prov. Jawa Barat (Oktober 2011- September 2013)
• Kabag Kelembagaan Biro Organisasi Setda Prov. Jawa Barat (September 2013- Oktober 2014)
• Sekdis Olahraga dan Pemuda Prov. Jawa Barat (Oktober 2014-Agustus 2018)
• Kabiro Pemerintahan dan Kerjasama Setda Prov. Jawa Barat (Agustus 2018- Juli 2020)
• Kepala Pelaksana BPBD Prov. Jawa Barat (1 Juli 2020 -Sekarang)
• Pjs Bupati Pangandaran (26 September 2020 – 5 Desember 2020)
• Pj Bupati Bekasi (22 Juli-27 Oktober 2021)

Pj Bupati (23 Mei 2022-sekarang)