Berita Bekasi Nomor Satu

MGMP Matematika SMK Kabupaten Bekasi Dampingi Guru Implementasikan Kurikulum Merdeka

Ketua MGMP Matematika SMK Kabupaten Bekasi Andriyas Dekaruni Damayanti

RADARBEKASI.ID, BEKASI Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMK Kabupaten Bekasi, menggerakkan anggota untuk memahami dan beradaptasi dengan Kurikulum Merdeka. Ketua MGMP Matematika SMK Kabupaten Bekasi Andriyas Dekaruni Damayanti mengungkapkan,  mengungkapkan, organisasinya tengah fokus memberikan dampingan kepada guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Melalui wadah MGMP, saat ini kami bersama anggota sedang fokus mendampingi guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Jumat (27/1).

Pendampingan dilakukan oleh MGMP Matematika SMK Kabupaten Bekasi melalui sosialisasi mengenai Kurikulum Merdeka kepada anggotanya. Guru yang akrab disapa Andriyas ini menyebut, sosialisasi sedang gencar dilakukan.

“Sosialisasi sedang giat-giatnya kami lakukan sebagai salah satu langkah proses pendampingan bagi para anggota,” jelas guru SMKN 1 Cikarang Barat ini.

Sosialisasi mengenai pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. Platform ini untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

BACA JUGA: MGMP PPKn SMP Kabupaten Bekasi Lanjutkan Program Kerja di Tahun Depan

Selain sosialisasi, MGMP Matematika SMK Kabupaten Bekasi juga telah mendaftarkan diri sebagai komunitas belajar di Platform Merdeka Mengajar dengan beberapa tujuan.

“Tujuannya yaitu meningkatkan kemanfaatan yang lebih luas dan menjadi bagian dalam mensukseskan implementasi Kurikulum Merdeka serta menjadi wadah bagi guru-guru lintas mata pelajaran, lintas jenjang, dan lintas wilayah untuk berkolaborasi, berkreasi, dan berbagi sesama untuk menjadi guru yang berdaya,” terang perempuan berusia 55 tahun ini.

Dirinya menegaskan, pendampingan yang dilakukan bukan hanya berdampak pada guru melainkan juga siswa dalam proses pembelajaran. Dikatakan Andriyas, para anggota merespon baik pendampingan yang dilakukannya.

“Alhamdulillah para anggota dapat mengikuti proses pendampingan ini dengan cukup baik,” pungkasnya.

BACA JUGA: Ketua MGMP Ingin Guru PAI Modifikasi Metode Pembelajaran

Belajar Buat Karya Tulis

Guru yang hobi membaca ini tengah belajar untuk bisa membuat karya tulis. “Saya sejak dulu suka membaca dan sekarang saya memutuskan untuk menambah hobi baru yaitu menulis, yang sekarang ini saya lagi banyak belajar tentang tekniknya,” ungkapnya.

Ia mengaku kagum dengan penulis yang pandai merangkai kata, menuangkan ide, mengajarkan sesuatu, dan bisa dipahami orang lain. Dirinya pun tertarik bisa melakukan hal yang sama.

Keinginanan awalnya saat ini adalah bisa membuat buku panduan untuk siswa dengan banyak referensi yang dapat dengan mudah diakses. “Masih dalam tahap belajar saya mulai dari membuat materi singkat untuk belajar siswa dan materi-materi ini saya ingin merangkum menjadi sebuah buku semacam buku panduan untuk belajar yang memudahkan siswa,” jelasnya.

Menurutnya kemampuan dan keinginan haruslah tetap dikembangkan.

“Jika kita punya cara, maka tentu akan ada kesempatan yang menghampiri, tapi itu semua harus diimbangi dengan keinginan untuk terus berkembang,” pungkasnya. (dew)

 

BIODATA

Andriyas Dekaruni Damayanti

Lahir: Jepara, 28 November 1968

Riwayat Pendidikan:

– SDN Karanganyar 1 Kabupaten Pekalongan (1980)

– SMPN 1 Martapura Kabupaten Banjar (1983)

– SMAN 1 Sragen Kabupaten Sragen (1986)

– S1 Teknologi Hasil Pertanian Instiper Yogyakarta (1991)

– S2 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (2012)

 

 

 

 

 

 

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin