Berita Bekasi Nomor Satu

Antusiasme Siswa SDN Jatirahayu VI Tinggi Ikut Outing Class

Sejumlah siswa kelas IIA dan B SDN Jatirahayu VI Kota Bekasi foto bersama saat outing class di TMII Jakarta. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Antusiasme siswa kelas IIA dan B SDN Jatirahayu VI Kota Bekasi begitu tinggi dalam mengikuti outing class atau pembelajaran di luar kelas ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Ya, wajar saja karena selama pandemi Covid-19 berlangsung kurang lebih dua tahun para siswa diharuskan melakukan pembelajaran dari rumah secara daring. Dalam kurun waktu tersebut tak dapat dipungkiri para siswa dilanda rasa jenuh karena aktivitas yang sangat terbatas.

Pascaberlalunya ‘badai’ Covid-19 serta dibukanya kembali pembelajaran tatap muka di sekolah, pada Selasa (28/2/2023), rombongan yang terdiri dari 60an orang termasuk siswa, guru, dan, pendamping, terlihat sangat bersemangat mengunjungi TMII Jakarta.

“Melalui outing class yang kami lakukan ini, sejalan dengan metode pembelajaran discovery, diharapkan siswa dapat menemukan secara langsung pengetahuan yang selama ini mereka sudah pelajari secara teori di dalam kelas. Seperti di TMII siswa dapat melihat keragaman budaya yang ada di Indonesia. Mulai dari wilayah Indonesia bagian Barat seperti Sumatera hingga ke kawasan Timur seperti Papua,” tutur guru pembimbing yang juga wali kelas, Vera Parihatun Nasiroh, dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut Vera mengungkapkan bahwa dengan mengeksplorasi anjungan-anjungan daerah yang ada di TMII, siswa juga dapat mengidentifikasi perbedaan budaya yang menjadi ciri khas tiap daerah, melihat secara langsung seperti apa wujud dari keberagaman tersebut. Seperti Rumah Gadang misalnya, yang menjadi rumah adat suku Minang. Lalu ada pula rumah adat dan pakaian suku di Papua.

“Dengan melihat adanya keberagaman tersebut diharapkan siswa dapat lebih menghargai perbedaan dan bangga sebagai anak Indonesia,” imbuhnya.

BACA JUGA: Outing Class ke Desa Wisata

Selain itu, Vera juga menerapkan metode kooperatif dimana siswa dituntut untuk dapat bekerjasama dengan temannya yang telah dibagi dalam beberapa kelompok.

“Dengan demikian, siswa juga dituntut untuk saling menjaga persatuan dalam kelompok dan membantu satu sama lain, serta mandiri dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi,” ungkapnya.

Kepala SDN Jatirahayu VI, Sudarsono

 

Sementara itu, Kepala SDN Jatirahayu VI, Sudarsono menambahkan, pihak sekolah turut berperan aktif dalam mendukung kegiatan ini. Selain dapat menambah pengetahuan dan kecintaan terhadap budaya Indonesia, juga dapat menjadi variasi kegiatan belajar mengajar.

“Sehingga siswa dapat merasakan suasana yang berbeda dan lebih menarik minat belajar sehingga dapat mendorong kemajuan siswa,” ucapnya.

Berkaitan dengan kegiatan outing class ini, salah satu wali murid yaitu Rahma Anandita yang merupakan orangtua dari Arraya Monifa Romauli sangat menyambut positif pembelajaran di luar kelas.

“Anak-anak generasi pandemi ini sudah cukup lama berdiam diri di dalam rumah. Karena itu saya antusias dengan adanya kegiatan outing class ini. Karena anak-anak mendapatkan cakrawala yang lebih luas lagi, melihat Indonesia yang lebih berwarna, dan mendapatkan berbagai pengetahuan yang selama ini hanya mereka pelajari secara teori. Sehingga diharapkan dapat menstimulasi kognitif anak lebih maksimal,” ujarnya.

BACA JUGA: Soal Ujian Jangan Sampai Buat Siswa Bingung 

Selain siswa mengeksplorasi ragam kebudayaan dengan mengunjungi anjungan-anjungan yang ada di TMII, siswa SDN Jatirahayu VI juga bertandang ke Museum Penerangan yang masih berada di dalam area TMII. Di Museum Penerangan, mereka menjelajahi sejarah masa lalu, masa kini, dan masa depan komunikasi di Indonesia.

Di museum ini para siswa juga dapat melihat lebih dari 450 koleksi alat-alat komunikasi yang pernah menemani kehidupan masyarakat Indonesia. Mulai dari alat sederhana seperti kentongan, radio dan televisi zaman dahulu, hingga studio Si Unyil. Dipandu oleh staff Museum Penerangan yang sangat ramah dan komunikatif, para siswa begitu antusias mengikuti aktivitas eksplorasi museum yang juga menjadi destinasi terakhir dari rangkaian outing class sarat edukasi ini. (oke)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin