Berita Bekasi Nomor Satu

Soal Ujian Jangan Sampai Buat Siswa Bingung

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMA TB menyimak pengarahan dari pihak sekolah. US pada tingkat SMA akan dihelat pada 13 Maret 2023. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Ujian sekolah (US) pada tingkat SMA akan dihelat pada 13 Maret 2023. Soal ujian wajib melewati proses validasi dari pengawas sekolah agar sesuai kaidah penyusunan, sehingga tidak membuat siswa bingung saat mengerjakannya.

Kepada Radar Bekasi, Kepala SMA Tulus Bhakti (TB) Kota Bekasi Margo Cahyono mengatakan, saat ini proses validasi soal ujian tengah dilakukan oleh pengawas sekolah.

“Proses validasi soal dilakukan oleh pengawas sekolah secara langsung,” ujarnya, Rabu (1/3).

Ia menjelaskan, validasi soal ujian penting dilakukan oleh pengawas sekolah. Tujuannya, untuk memastikan bahwa soal ujian sesuai dengan kaidah penyusunan.

“Proses validasi soal ini dilakukan dalam rangka mengecek soal-soal apakah sudah sesuai dengan kaidah pembuatan soal, sehingga didapatkan soal-soal yang berkualitas,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Margo, soal ujian harus memenuhi kaidah penyusunan. Kaidah dimaksud antara lain, bersifat kognitif yang ditetapkan oleh kisi-kisi serta memiliki tanda baca yang benar.

“Jangan sampai membuat siswa bingung ataupun tidak memahami isi soalnya,” tuturnya.

BACA JUGA: Sharing dan Diskusi Jelang Ujian Sekolah

Menurutnya, soal ujian terdiri dari essay dan pilihan ganda. Namun, pihak sekolah diberikan kebebasan untuk membuat sala satu jenis soal maupun keduanya.

“Soal US memang ada dua jenis pilihan, dapat digunakan keduanya ataupun salah satunya. Kalau untuk sekolah kami memilih untuk membuat soal ganda secara menyeluruh,” tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Humas SMAN 7 Kota Bekasi Edy Sunarya. Menurut Edy, proses validasi soal ujian sudah dilakukan oleh pengawas sekolah.

“Untuk proses validasi sudah dilakukan oleh pengawas sekolah kami,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam validasi pengawas sekolah harus memperhatikan jenis soal dan tanda bacanya. “Biasanya pengawas melakukan validasi terlebih dulu pada jenis kisi-kisinya, kemudian baru pada soal yang sudah dibuat untuk melakukan pengecekan pada tanda baca soal,” terangnya.

BACA JUGA: Ratusan Siswa SD Ujian di Teras Rumah Warga

Senada, soal ujian di SMAN 7 Kota Bekasi seluruhnya berjenis pilihan ganda berjumlah 40. Adapun pelaksanaan ujian sekolah dilaksanakan oleh siswa secara daring.

“Untuk pelaksanaannya secara online menggunakan gadget siswa masing-masing,” tuturnya.

Sebelum ujian sekolah dilaksanakan, pihaknya memberikan waktu masa tenang selama dua hari pada 10 dan 11 Maret 2023. Masa tenang diharapkan dapat dimanfaatkan siswa untuk mempelajari materi yang akan diujikan.

“Masa tenang akan tetap diberikan agar siswa bisa melakukan persiapan,” pungkasnya. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin