Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Soal Banjir Gang Cue, DBMSDA Mau Pasang Pompa Kapasitas Segini

Kondisi banjir dan air yang menghitam memggenangi rumah warga di Gang Cue, Duren Jaya, Bekasi Timur, sejak 3 tahun lalu. Foto Ahmad Pairudz/Radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Puluhan rumah warga di Gang Cue RT 02 dan RT 06 RW 01, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, banjir bertahun-tahun hingga airnya menghitam dan ditinggal warganya mengungsi.

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, M. Solikhin mengaku, identifikasi masalah sementara di sana lantaran posisi Gang Cue berada di cekungan. Sementara buangan air drainase tidak keluar. Karena posisi untuk membuang air itu lebih tinggi dari rumah warga.

“Memang rumah yang terdampak itu sekitar 20 bangunan. Sampai dengan hari ini tergenang,” ucapnya.

BACA JUGA: Lihat Nih, Banjir Gang Cue Sudah 3 Tahun Tak Pernah Surut, Airnya Menghitam Begini, Plt Wali Kota Bilang Ini Solusinya

Saat ini, sambung dia, pihaknya akan pasang pompa berkapasitas besar.

“Pompa yang kita pasang di sana sekitar 100 hingga 150 liter perdetik. Saya minta untuk segera dipasang,” ujarnya.

Kalau untuk dibuat saluran baru, sambungnya, sudah tidak mungkin atau tidak bisa lagi. Karena posisi lokasinya berada di bawah.

BACA JUGA: Gang Cue Kini jadi ‘Kampung Mati’

Saluran baru itu, ujar dia, harus dibuang keluar juga, mungkin nanti akan diusahakan dibuang ke SS Rawa baru dan Kali Lengka juga.

“Pompa yang dipasang minimal sesuai dengan debit air yang masuk. Pompa nya akan standby di lokasi akan menyala secara otomatis,” jelasnya.

“Jika ada yang masuk dengan ketinggian yang ditentukan. Pompa tersebut akan menyala untuk menyedot air dari lokasi,” tambahnya.

Dia berjanji, Minggu ini pihaknya akan pasang pompa permanen.

“Kita akan usahakan pemasangan secepatnya. Maslah kita ini bukan hanya di situ saja. Contohnya IKIP kita lihat sendiri. Posisinya dengan kali Cakung lebih tinggi kalinya. Intinya kita akan cari solusi untuk warga di Gang Cue supaya bebas banjir lagi,” tukasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin