Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Lihat Nih, Banjir Gang Cue Sudah 3 Tahun Tak Pernah Surut, Airnya Menghitam Begini, Plt Wali Kota Bilang Ini Solusinya

Puluhan rumah rusak, atap dan tembok terbengkalai karena terendam banjir di Perkampungan Gang Cue, Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Minggu (5/3/2023). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Puluhan rumah di Gang Cue, Jalan Raya Ir Juanda, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi terendam banjir sudah menahun. Setidaknya, sudah 3 tahun banjir di lokasi tersebut tak kunjung surut hingga airnya sudah menghitam.

Wilayah yang dulu dihuni 44 Kepala Keluarga (KK), kini tersisa 18 KK. Mereka memilih meninggalkan rumahnya yang sering tergenang air.

Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, terkait banjir di Gang Cue Duren Jaya diakui masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemkot Bekasi.

BACA JUGA: Jadi Kampung Mati dan Lima Bulan Terendam Banjir, Gang Cue Butuh Solusi

Sejumlah cara pernah dilakukan sebagai solusi, di antaranya melakukan pematusan. Namun, cara tersebut dianggap masih kurang efektif.

“Kemarin kan kita solusikan pematusan membersihkan saluran, mengoptimalkan saluran yang ada. Ternyata itu bukan solusi,” kata Plt Wali Kota Tri Adhianto kepada awak media usia apel pagi, Senin (6/3/2023).

Solusi kedua, imbuhnya adalah menambah pompa hingga dua pompa untuk menyedot air dan membuangnya ke lokasi pembuangan air. Hasilnya masih tetap nihil.

BACA JUGA: Gang Cue Kini jadi ‘Kampung Mati’

“Maka saya perintahkan dinas terkait untuk lebih serius lagi, apa sih yang kemudian harus kita lakukan lagi di wilayah tersebut. Supaya membantu warga masyarakat di sana,” ucapnya.

Melihat kondisi dan kontur tempat yang berada di posisi rendah, imbuhnya, sedang dipikirkan nanti dibuat sumur resapan. Sehingga memungkinkan air masuk ke dalam tanah.

“Mungkin itu (sumur resapan) salah satu solusi yang kita cari terus dan kita akan upayakan,” tukasnya. (pay)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin