Siswa Diminta untuk Melengkapi Penilaian

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 1 Cikarang Pusat mengikuti PAS. Siswa masih diminta untuk melengkapi penilaian yang masih kurang untuk nilai rapor. ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Siswa kelas XII telah menyelesaikan penilaian akhir semester (PAS) yang berlangsung 13-18 Maret 2023. Namun, siswa masih diminta untuk melengkapi penilaian yang masih kurang untuk nilai rapor.

Kepala SMAN 1 Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi Sayuti menyampaikan, siswa kelas XII telah menyelesaikan proses PAS dengan cukup baik. “Pelaksanaan PAS sudah dituntaskan oleh siswa kelas XII, selama beberapa hari dengan semua mata pelajaran yang diujikan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (19/3).


Setelah PAS dituntaskan, siswa diminta untuk menyelesaikan proses penilaian yang masih dinilai kurang dengan waktu dua minggu. Pasalnya, perhitungan nilai akhir pada rapor tidak hanya berdasarkan PAS.

“Masih ada beberapa penilaian yang harus dituntaskan, karena penilaian bukan hanya dari PAS saja, tapi ada nilai harian, portofolio, dan praktik,” jelasnya.


Peserta didik dapat berkoordinasi dengan wali kelasnya mengenai nilai yang harus diselesaikan. Selain itu,  bagi siswa kelas XII yang berhalangan hadir dalam PAS karena sakit dapat melaksanakan ujian susulan di minggu selanjutnya.

“Sekolah memberikan waktu selama dua hari untuk pelaksanaan susulan, sementara untuk proses kelengkapan nilai berikan waktu selama dua minggu,” tuturnya.

BACA JUGA: Disdik Larang Siswa SOTR Selama Ramadan

Hal senada dikatakan Kepala SMAN 1 Sukakarya Acep Hadi. Dirinya mengungkapkan, PAS telah rampung dilaksanakan bagi siswa kelas XII. Bagi siswa yang berhalangan hadir karena sakit juga akan dilakukan di minggu selanjutnya.

“Senin (hari ini,Red), kami akan melaksanakan ujian susulan bagi siswa yang tidak hadir PAS. Mereka akan mengikuti proses ujian dalam beberapa hari sesuai dengan mata pelajaran yang tertinggal,” terangnya.

Sementara di luar dari pelaksanaan ujian susulan, guru masing-masing mata pelajaran akan melakukan proses rekapitulasi nilai akhir untuk rapor, baik dari nilai harian, ujian tengah semester, portofolio, maupun ujian praktik.

“Proses rekapitulasi nilai ini untuk mengetahui siswa mana yang masih kurang dalam proses penilaiannya, jadi jika masih ada yang kurang akan diinfokan melalui guru mata pelajaran kepada wali kelasnya,” ucapnya.

Dikatakan, siswa diminta untuk aktif mencari informasi kepada wali kelas masing-masing. “Paling lama 2 minggu selama itu kami minta siswa aktif untuk mencari informasi, agar proses penilaian bisa cepat dituntaskan,” pungkasnya. (dew)