Berita Bekasi Nomor Satu

Disdik Larang Sekolah Helat Bukber

ILUSTRASI: Sejumlah siswa mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berlangsung di SMPN 29 Kota Bekasi. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi menginstruksikan seluruh sekolah untuk tidak melaksanakan kegiatan buka puasa bersama di lingkungan sekolah.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi, Deded Kusmayadi. Pihaknya telah memberikan himbauan secara lisan kepada sekolah untuk tidak melaksanakan kegiatan buka bersama di sekolah.

“Himbauan diberikan secara lisan karena kami ingin menjalani instruksi yang memang diberikan oleh presiden,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Selasa (4/4).

Namun sejauh ini masih ada beberapa sekolah yang mengajukan izin untuk melaksanakan kegiatan buka bersama, namun dalam hal ini secara tegas pihak Disdik tidak memberikan izin.

“Memang masih ada beberapa sekolah yang mengajukan izin untuk melaksanakan buka bersama, namun saat ini izin tersebut kami tolak karena memang tidak boleh,” jelasnya.

Pihak Disdik sendiri mengaku dilema pasalnya meskipun di lingkungan sekolah lebih banyak didominasi dengan siswa, namun sekolah sendiri merupakan naungan pemerintah yang dalam hal ini ada didalamnya merupakan pegawai pemerintah.

“Sebenarnya agak dilema karena sekolah itu kan masuk dalam naungan pemerintah ya, ada didalamnya pegawai negeri yang dalam hal ini dilarang. Jadi disimpulkan saja kami tidak memberikan izin untuk sekolah mengadakan buka bersama,” tuturnya.

Namun meskipun pihak Disdik telah melarang kegiatan buka bersama di lingkungan sekolah, pelaksanaan monitoring hanya bisa dilakukan sebatas lingkungan sekolah saja.

“Kami hanya lakukan monitoring sebatas di lingkungan sekolah, karenakan kadang ada aja yang tetap buka bersama namun di luar sekolah, itu yang kami tidak tau,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan jika beberapa sekolah diketahui melaksanakan kegiatan buka bersama di sekolah, maka pihak Disdik akan memberikan teguran kepada sekolah tersebut.

“Kalo ada yang ketahuan buka bersama di sekolah, paling kami berikan teguran,” jelasnya.

Sementara Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Bekasi, Muktia Wahyudi Isra menyampaikan, bahwa terkait himbauan tersebut sudah sampai kepada pihak sekolah masing-masing.

“Himbauan nya sudah kami terima secara lisan melalui pihak Disdik,” ucapnya.

Sekolah dijelaskannya akan menjalani dan mengikuti keputusan yang telah dibuat, sehingga dipastikan sekolah tidak ada yang menggelar kegiatan buka bersama.

“Kami ikuti himbauan tersebut dan tentunya akan kami jalankan,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin