Berita Bekasi Nomor Satu

Berpuasa Sehat untuk Ibu Menyusui

Dokter Spesialis Anak Eka Hospital Bekasi, dr. Yoke Kinanthi Putri, M.Sc, Sp. A, IBCLC

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ibu yang sedang menjalani fase menyusui tetap dapat menjalani ibadah puasa dengan sehat, namun harus tetap memperhatikan asupan makanan dan minum sehari-hari.

Ketika sedang proses menyusui ibu harus mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Seperti, karbohidrat yang cukup, protein hewani, protein nabati, sayur dan buah.

Namun tidak hanya itu, ibu menyusui juga harus benar-benar memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dengan mengkonsumi air putih yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun dalam hal ini ibu menyusui sedikit dapat mengalami dehidrasi, sehingga asupan air putih saat berbuka dan sahur harus benar-benar terpenuhi dengan baik.

BACA JUGA: Ini Dia, Cara Tetap Nyaman Berpuasa bagi Penderita Maag dan GERD

Sementara ibu dengan bayi di bawah 6 bulan mereka harus mengkonsumsi air putih minimal 14 gelas dalam sehari. Kemudian ibu dengan bayi di atas 6 bulan dapat mengkonsumsi air putih 12 gelas dalam sehari.

Dengan asupan air yang cukup meskipun dapat menurunkan volume asih, namun ibu masih bisa memberikan asih yang cukup dan terpenuhi bagi si anak.

Selain itu ibu menyusui juga harus benar-benar membatasi asupan gula, garam, lemak yang tidak sehat, teh, dan kopi. Hal tersebut dilakukan agar ibu menyusui dalam kondisi sehat saat berpuasa. (dew)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin