RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idulfitri 1444 H, antara 19 April – 27 April 2023.
Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan sekitar 17 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan. Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini. Persiapan khusus sudah XL Axiata lakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyediakan layanan terbaik di libur Lebaran ini.
“Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” ujar I Gede.
Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.
Selama periode Libur Lebaran, trafik layanan didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36 persen, Instan Messaging 33 persen, Games 11 persen, dan Streaming yang mencapai 10 persen, serta layanan lainnya mencapai 9 persen.
Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen, dan YouTube naik 5 persen.
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55 persen, Twitter 15 persen, dan Meta (Facebook) 4 persen. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75 persen dibanding hari normal.
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 27 persen, Jawa Barat 19 persen, dan Jawa Timur 17 persen.
Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12 persen, Sumatera Selatan 15 persen, Kalimantan 10 persen, Sulawesi 6 persen, Bali-NTB-NTT 10 persen.
Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62 persen, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49 persen, dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48 persen.
Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa libur Lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2x dibandingkan hari normal. Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.
Trafik data di Jabodetabek dan Banten
Di wilayah Jabodetabek dan Banten, sepanjang libur lebaran tahun ini, trafik data menurun sekitar 6 persen dibandingkan trafik di hari normal. Hal itu terlihat dari pergerakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik ke beberapa wilayah di Indonesia saat libur lebaran.
“Penurunan trafik secara rata-rata di Jabodetabek dan Banten tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke provinsi lain, yaitu sekitar 35%. Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” papar Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Rd. Sofia Purbayanti.
Selama periode libur Lebaran 2023, beberapa wilayah di Jabodetabek dan Banten terjadi kenaikan trafik, yakni di wilayah di Kabupaten Pandeglang sebesar 50 Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Rd. Sofia Purbayanti,, Kabupaten Kepulauan Seribu sebesar 38 Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Rd. Sofia Purbayanti, Kabupaten Bogor sebesar 6 Group Head XL Axiata Jabodetabek Region, Rd. Sofia Purbayanti, dan Kota Bogor sebesar 5 persen.
Sementara itu jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian, kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Soekarno Hatta 100 persen, menyusul kemudian Bandara Halim Perdana Kusuma sebesar 17 persen, Lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Merak, Banten.
Untuk area lokasi wisata, trafik tertinggi terjadi di Pantai Sambolo, Kabupaten Serang Banten sebesar 185 persen, menyusul kemudian Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat naik 158 persen, Taman Budaya Sentul, Kota Bogor, Jawa Barat 91 persen, dan Objek Wisata Cikoromoy, Pandeglang, Banten 42 persen. (oke)