Berita Bekasi Nomor Satu
Bekasi  

Usai Lebaran, Permohonan Nikah Melonjak

ILUSTRASI : Sepasang penganten menunjukan buku nikah di KUA Medansatria, Kota Bekasi, belum lama ini. DOK/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi mencatat adanya lonjakan pengajuan permohonan nikah calon pengantin pasca Lebaran 2023.

Kasi Urusan Agama dan Pembinaan Syariah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bekasi, Indra Karmawan menyampaikan, setiap tahunnya pasca idul fitri banyak yang mengajukan permohonan nikah.

“Cukup banyak yang mengajukan karena momen Idul Fitri ini banyak dimanfaatkan sejumlah pasangan, untuk melangsungkan pesta pernikahan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (4/5).

Menurutnya pasca Idul Fitri menjadi momen yang cukup tepat, dimana hampir seluruh keluarga berkumpul dalam satu tempat yaitu kampung halamannya masing-masing.

“Kenapa Idul Fitri banyak pasangan mengajukan pernikahan, karena momennya tepat banyak saudara ngumpul ke kampung halamannya masing-masing,” jelasnya.

Selain banyaknya masyarakat serta keluarga yang berkumpul, keuangan masyarakat juga dinilai baik, sehingga banyak pasangan dan keluarga pengantin memanfaatkan momen tersebut.

“Dari segi ekonomi keluarga kalau lebaran pasti bawa uang yang cukup banyak, nah ini juga jadi salah satu pertimbangannya,” tuturnya.

Sejauh ini laporan di salah satu kecamatan selama sepekan hampir 60 pasangan calon pengantin mengajukan permohonan nikah.

“Saya dapat laporan sementara di kantor KUA Timur ada 60 pasangan menikah, dalam waktu satu Minggu,” jelasnya.

Namun pihak Kemenag Kota Bekasi belum bisa menyampaikan jumlah secara menyeluruh alasanya, pendataan keseluruhan dilakukan di akhir bulan.”Belum didata karena bisanya nanti akhir bulan baru direkap, dan diketahuinya pada awal bulan nanti,” terangnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa jumlah pasangan yang mengajukan nikah, masih akan terus bertambah yaitu sampai bulan haji tepatnya di bulan Juli 2023.

“Masih akan terus meningkat puncaknya biasanya di bulan haji atau bulan Juli, itu pasti banyak pasangan calon pengantin yang mengajukan nikah,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin