Berita Bekasi Nomor Satu

84 Ton Sampah Diangkut dari Kali Jambe

POTONGAN KAYU: UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah 2 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, berhasil mengangkat potongan kayu mahoni dari Kali Jambe, di Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (10/5). ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Potongan kayu mahoni yang tersangkut di bawah Jembatan Kramat Mundu, mengakibatkan sampah didominasi botol dan plastik menumpuk sepanjang 150 meter di Kali Jambe, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Sehingga UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah 2 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, melakukan pengangkutan sampah dengan mengerahkan satu unit alat berat.

“Kami dari UPTD 2 bersama stakeholder lainnya, menurunkan satu alat berat long arm untuk mengangkut sampah yang tersangkut di Kali Jambe,” ujar Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah 2 DLH Kabupaten Bekasi, Sumardi di lokasi, Rabu (10/5).

Ia mengungkapkan, sampah-sampah itu mayoritas berasal dari wilayah hulu, dan terbawa arus sehingga tersangkut di Kramat Mundu, yang notabene berada di wilayah hilir.

Pihaknya menurunkan sebanyak 12 unit armada truk angkutan sampah, dan satu truk hanya bisa membawa tujuh ton sampah.

“Kami turunkan 12 unit truk untuk pengangkutan. Satu truk hanya bisa membawa tujuh ton. Jadi total sampah kurang lebih mencapai 84 ton. Ini didominasi sampah kiriman berupa plastik dan batang pohon, paling banyak pohon pisang,” bebernya.

Kata dia, sampah tersebut akan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu.

Sumardi berharap, agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan tidak membuang sampah ke aliran kali yang berpotensi menyebabkan bencana banjir di Kabupaten Bekasi.

“Dampak sampah ini apabila tidak dibersihkan, sangat luar biasa. Disaat musim hujan bisa terjadi banjir, sehingga sampahnya nanti dikhawatirkan masuk ke pemukiman warga. Sedangkan kalau musim kemarau, air kali bisa mengering di bagian hilir, karena alirannya tersumbat sampah,” terang Sumardi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, sampah-sampah di aliran Kali Jambe didominasi sampah plastik dan batang kayu. Bahkan petugas sempat kesulitan dalam proses pengangkutan.

Terdapat pula pohon mahoni sepanjang delapan meter yang tersangkut di bawah jembatan, sehingga menyebabkan aliran air di Kali Jambe menjadi tidak lancar. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin