Berita Bekasi Nomor Satu

Asesmen Sumatif Siswa SD Dilaksanakan Luring

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SDN Jatiasih IV Kota Bekasi saat mengikuti ujian harian di kelas. Sekolah jenjang SD di Kota Bekasi tengah melakukan persiapan AS akhir tahun ajaran 2022/2023. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Sekolah jenjang SD di Kota Bekasi tengah melakukan persiapan Asesmen Sumatif (AS) akhir tahun ajaran 2022/2023. AS akan diikuti seluruh siswa kelas VI SD di Kota Bekasi secara serentak. Ujian akan dilaksanakan dalam kurun waktu 4 hari mulai 15-19 Mei 2023. Dalam mengikuti AS, siswa diminta mengerjakan soal dengan teliti agar nilainya baik.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Bekasi Timur, Nasan menyampaikan, bahwa saat ini sejumlah sekolah tengah melakukan persiapan jelang pelaksanaan AS.

“AS akan dilaksanakan pada minggu mendatang, saat ini kami sedang melakukan beberapa persiapan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (10/5).

Persiapan yang dilakukan oleh satuan pendidikan antara lain, memberikan arahan kepada siswa tentang sistem pelaksanaan, dan kisi-kisi soal ujian. Menurutnya, AS tahun ini akan dilaksanakan secara luring atau tatap muka.

“Pelaksanaan AS dilakukan secara luring dengan mekanisme lembar jawaban,” ucapnya.

BACA JUGA: Sekolah Pilih Metode Manual Dalam Pelaksanaan Asesmen Sumatif

Dalam pelaksanaan AS tahun ini, siswa diminta untuk tetap teliti dalam mengerjakan soal. “Teliti dalam mengerjakan soal berikan nilai terbaik agar nilai yang dihasilkan bisa membantu kelulusan dan membantu siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Kepala SDN Jatimekar II Kota Bekasi, Ahmad Burhanudin. Dirinya mengungkapkan, selain memberikan sosialisasi terkait teknis dan pemberian kisi-kisi kepada siswa, pihaknya juga telah mempersiapkan ruangan serta kepanitian dalam pelaksanaan AS.

“Kami sudah bentuk kepanitian dalam pelaksanaan AS, selain itu ruangan dan yang paling inti adalah kesiapan dari siswa,” jelasnya.

BACA JUGA: Asesmen Sumatif Tak Jauh Berbeda dengan Ujian Praktik

Selain itu, dirinya menyampaikan bahwa yang paling terpenting dalam pelaksanaan AS adalah siswa dapat mengerjakan soal dengan teliti dan sungguh-sungguh.

“Yang terpenting siswa bisa menguasai soal dengan baik, meskipun tidak ada lagi pelaksanaan UN tapi kami harapkan siswa bisa melaksanakan ujian ini dengan sungguh-sungguh,” terangnya.

Menurutnya, hasil nilai ujian ini dapat membantu siswa dapat penilaian akhir rapor semester. Penilaian hasil rapor siswa sangat penting untuk bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

“Penilaian rapor kan saat ini sangat penting, dimana ada jalur prestasi rapor yang bisa dimanfaatkan siswa untuk masuk SMP, jadi kami harapkan hasil ujian ini bisa dijalankan dengan cukup baik oleh siswa,” pungkasnya. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin