Berita Bekasi Nomor Satu

Penulisan SMK Ijazah Belum Tuntas

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMK Bistek Kota Bekasi praktik di sekolahnya. Siswa diberikan waktu selama tiga minggu oleh pihak sekolah untuk menyelesaikan laporan PKL, mulai dari pengajuan judul sampai sidang. DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI Penulisan ijazah SMK wilayah Kota Bekasi hingga kini belum tuntas. Namun sudah memasuki tahap akhir dan siap dibagikan pada akhir bulan ini.

Kepala SMKN 11 Kota Bekasi, Kurniawan, menyampaikan bahwa blanko ijazah diterima pihak sekolah awal Mei 2023. Adapun penulisan ijazah dilakukan sejak awal Mei 2023.

Saat ini, penulisan ijazah sudah memasuki tahap akhir. Tersisa beberapa ijazah yang belum diisi.

“Saat ini tinggal masuk finishing, tinggal beberapa siswa lagi yang sedang dirampungkan penulisannya,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (21/6).

Penulisan ijazah masih dilakukan secara manual. Perlu ketelitian agar tidak terjadi kesalahan baik dalam penulisan maupun dalam penggunaan format penulisan ijazah tersebut.

“Penulisan ijazah itu kan masih dilakukan secara manual, jadi harus benar-benar teliti dan harus berhati-hati. Karena tidak boleh ada kesalahan dalam penulisannya,” terangnya.

Ijazah terdiri dari dua muka dicetak bolak balik. Pada halaman depan berisi identitas dan redaksi, sedangkan pada halaman belakang berisi nama mata pelajaran dan daftar nilai.

“Cetak halaman belakang ijazah lalu validasi data siswa, baru dilakukan proses penulisan. Makanya memang membutuhkan waktu yang cukup lama juga untuk penulisan ijazah ini,” tuturnya.

Dikatakan, bagi siswa yang sudah lulus dan berniat untuk segera melamar pekerjaan dari pihak sekolah memberikan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dilampirkan transkrip nilai.

“Pada tahun ini SMKN 11 Kota Bekasi telah meluluskan sebanyak 346 siswa, dinyatakan lulus 100 persen,” katanya.

BACA JUGA: PPDB Jabar Tahap Satu Terima 19.584 Siswa, Tak Daftar Ulang Otomatis Gugur

Hal senada disampaikan Kepala SMA Tulus Bhakti (TB) Kota Bekasi, Margo Cahyono. Ia mengatakan, saat ini penulisan ijazah sudah memasuki tahap akhir.

“Sudah memasuki tahap akhir, hanya (ijazah) beberapa siswa lagi yang penulisannya akan dituntaskan,” terangnya.

Di SMKN TB, penulisan ijazah mulai dilakukan pada pertengahan Mei 2023. Rencananya ijazah sudah dapat dibagikan pada akhir Juni 2023.

“Mudah-mudahan sudah bisa kami bagikan di akhir bulan ini, mengingat untuk proses penulisannya sendiri sudah memasuki tahap akhir atau hanya tersisa beberapa siswa lagi,” ucapnya.

Tahun ini SMA TB Kota Bekasi telah meluluskan 262 siswa, yang dinyatakan lulus 100 persen. (dew)

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin