Berita Bekasi Nomor Satu

Waspada Penyakit Pancaroba

Illustrasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi mengimbau masyarakat mewaspadai sejumlah penyakit, selama peralihan musim penghujan dan musim kemarau.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kota Bekasi, Vevie Herawati menyampaikan, bahwa surat himbauan untuk mengantisipasi dan mencegah beberapa penyakit tersebut telah disampaikan melalui Dinkes Kota Bekasi.

“Melalui surat himbauan kita sudah sampaikan kepada masyarakat agar bisa mengantisipasi dan mencegah penyakit yang kerap timbul di musim tersebut,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Minggu (9/7).

Pihaknya berharap melalui puskesmas setempat dan juga masyarakat dapat melakukan upaya pencegahan dan juga pengendalian.

“Peran puskesmas dan masyarakat diperlukan untuk melakukan pencegahan dan juga pengendalian,” tuturnya.

Sementara beberapa penyakit yang wajib diantisipasi adalah, DBD, diare, dan juga demam tifoid atau tipes. Beberapa penyakit ini sendiri dapat dilakukan pencegahan dan juga pengendaliannya oleh masyarakat.

“Pengendalian dan pencegahannya dapat dilakukan oleh diri sendiri dan juga lingkungan,” jelasnya.

Seperti DBD cara pengendalian dan juga pencegahannya adalah, menutup semua wadah air yang dapat menimbulkan nyamuk aedes bersarang dan juga bertelur.

Memasang kasa nyamuk pada ventilasi rumah, menggunakan cairan anti nyamuk baik oles maupun semprot, dan juga menanam pohon anti nyamuk disekitar rumah.

Sementara untuk pencegahan dan pengendalian penyakit diare, masyarakat dapat melakukan hidup sehat dengan cara mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah makan.

Merebus air yang akan diminum dengan matang, dan dapat mendatangi fasilitas kesehatan terdekat jika memiliki gejala awal pada diare agar bisa teratasi dengan cepat.

Lebih lanjut yang terakhir adalah demam tifoid, dimana masyarakat dapat memastikan pembuangan air atau jamban tetap bersih, menggunakan cara yang cermat dalam mengelola makanan dan minuman.

“Sementara itu yang kami sampaikan melalui surat himbauan, agar puskesmas dan juga masyarakat dapat mengetahui cara pengendalian dan juga pencegahan di masa pergantian musim saat ini,”pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin