Berita Bekasi Nomor Satu

Sampah Tutupi Saluran Irigasi 1,5 Kilometer

TERTUTUP SAMPAH: Sejumlah pekerja mengambil sampah yang menutupi saluran irigasi Perumahan Taman Anggrek, Desa Satria Mekar, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. IST/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Tumpukan sampah sepanjang satu setengah kilometer yang menutupi saluran irigasi Perumahan Taman Anggrek, Desa Satria Mekar, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, dibersihkan tim biawak, dibantu oleh petugas desa serta kecamatan setempat.

Kepala UPTD Kebersihan wilayah dua, Sumardi mengatakan, tumpukan sampah tersebut kondisinya sudah sangat krodit, dan butuh waktu beberapa hari untuk membersihkannya. Menurut dia, petugas UPTD Kebersihan akan berusaha sekuat tenaga untuk mengangkut tumpukan sampah yang ada.

Pihaknya juga menerjunkan alat berat yang dengan berkoordinasi langsung dengan Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi.

“Kami dari UPTD Kebersihan wilayah dua, akan membersihkan tumpukan yang menutupi aliran irigasi dalam beberapa hari kedepan, dan mudah-mudahan sampah sudah bisa terangkut semua,” ucap Sumardi, saat dimintai keterangan, Minggu (27/8).

Ia menjelaskan, sampah yang menumpuk di tempat tersebut, kebanyakan sampah rumah tangga, seperti plastik dan sisa bekas makan yang diduga dibuang langsung warga ke kali.

Sementara Camat Tambun Utara, Najmuddin menuturkan, pihaknya telah menerjunkan beberapa petugas untuk membantu UPTD Kebersihan wilayah dua.

“Kami berusaha untuk membersihkan tumpukan sampah dengan berkoordinasi dengan UPTD Kebersihan wilayah dua, termasuk dengan pihak desa Karang Satria. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan, tumpukan sampah ini sudah dapat terurai,” harapnya.

Lanjut Najmuddin, pihaknya bakal memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi membuang sampah ke kali.

“Saya berpesan, agar tidak membuang sampah ke aliran irigasi, karena pihak kecamatan telah menyediakan tempat pembuangan sampah di beberapa titik, yang berada di Kecamatan Tambun Utara,” tandasnya. (pra)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin