Berita Bekasi Nomor Satu

Pemkab Bekasi Buka Aduan Soal Jalan Rusak, Masyarakat Bisa Lapor ke Sini

LAYANAN MEDSOS: Warga menunjukan media sosial Dinas SDABMBK di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Selasa (27/6). Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas SDABMBK membuka aduan soal jalan rusak. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) membuka aduan soal jalan rusak.

“Masyarakat dapat melaporkan kerusakan jalan di mana pun melalui Instagram resmi Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi (@sdabmbk_bekasikab) maupun hotline yang akan segera rilis,” ujar Kepala SDABMBK Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln.

Lebih lanjut, ujar Henri, pengaduan yang masuk akan segera ditindak lanjuti. Namun demikian, tindak lanjut aduan jalan rusak tentu membutuhkan proses.

“Tetapi semua ini kita dengarkan, kita tampung juga, kita rencanakan juga. Tetapi tidak mengedepankan, juga tidak membelakangkan juga begitu,” ujarnya.

Layanan pelaporan jalan rusak merupakan salah satu bagian dari strategi inovasi marketing sektor publik yang diberi nama “Berani Jalan”. Inovasi digagas pada tahun ini oleh Henri yang tengah mengikuti pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II.

Inovasi yang berasal dari sinonim “Berkeselamatan, Mantap, Terpeliharanya Jalur Jalan” ini berfokus pada peningkatan kualitas jalan berbasis masyarakat. Pada tahun ini, Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi memiliki pagu anggaran perbaikan atau konstruksi jalan sebesar Rp300 miliar. Dari total anggaran itu, sebesar Rp100 miliar diperuntukan untuk pemeliharaan jalan.

Bahkan, Pj Bupati Bekasi, Dani Ramadan, mengeluarkan kebijakan untuk menambah anggaran pemeliharaan jalan guna mendukung tindak lanjut aduan dari masyarakat soal jalan rusak.

“Kemarin saya juga menyampaikan inovasi ini ke bupati dan beliau sangat mendukung. Dan rencananya di anggaran perubahan ini akan ditambahkan sekitar Rp10 miliar untuk pemeliharaan rutin tidak berlokus. Jadi dimanapun masyarakat lapor, akan kita tindak lanjuti,” ucapnya.

JALAN: Foto udara Jalan Cikarang Bekasi Laut (CBL) di Babelan Kabupaten Bekasi. ARIESANT/RADAR BEKASI

BACA JUGA: Dinas SDABMBK Optimalkan Anggaran untuk Jalan yang Lebih Baik

Henri mengungkapkan, Pemkab Bekasi ingin masyarakatnya lebih sejahtera melalui jalan yang ‘mulus’. Semangat ini lah yang mendorong pihaknya membuka aduan soal jalan rusak.

“Dari pelaporan-pelaporan yang masuk kami di sini pemerintah juga ingin masyarakatnya lebih sejahtera dan dapat menikmati kondisi jalan yang baik. Ini merupakan tanggung jawab kita di pemerintahan,” imbuhnya.

Menurut Henri, jalan dalam kondisi rusak dapat menggangu konektivitas antar wilayah. Oleh sebab itu, pentingnya kemantapan jalan yang memiliki beberapa manfaat.

Antara lain, mengurangi waktu tempuh karena jarak satu tempat ke tempat lain lebih mudah diakses. Dari sisi ekonomi membantu berbagai sektor pertanian dan industri serta mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“Sangat diperlukan sekali (kemantapan jalan) dan sangat strategis sekali dengan peningkatan kualitas jalan,” ucapnya.  (adv)

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin