Berita Bekasi Nomor Satu

Antisipasi Genangan di Musim Penghujan

Kondisi genangan air di depan komplek PGP, Jatiasih, Kamis (4/5/2023) pagi ini. Foto Raiza Septianto/radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi melakukan monitoring dan memantau sejumlah saluran air di beberapa titik wilayah .

Pelaksana tugas (Plt) Sub Koordinator Pemeliharaan Jalan DBMSDA Kota Bekasi, Ridwan Muarief, menyampaikan bahwa memasuki musim penghujan pihaknya terus melakukan monitoring.

“Proses monitoring sedang kami lakukan di sejumlah titik pada setiap wilayah di Kota Bekasi,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (9/11/2023).

Menurut dia, pembersihan pada sejumlah saluran air dilakukan untuk mencegah terjadinya genangan memasuki musim penghujan, khususnya wilayah-wilayah di jalan utama.

“Memasuki musim penghujan, kami antisipasi terjadinya genangan dan banjir pada sejumlah wilayah,” beber Ridwan.

Adapun beberapa jalan arteri kolektor, saat ini sudah dilakukan pembersihan, yaitu di Jalan Ahmad Yani, Jalan Chairil Anwar, Jalan Veteran, dan sejumlah jalan lainnya.

“Kami fokus pada jalan utama, dimana khawatir genangan air terjadi selama musim hujan, karena akan berbahaya bagi pengendara dan mengganggu arus lalu lintas,” ucapnya.

Diketahui, beberapa saluran air di sejumlah wilayah cukup banyak tersumbat sampah plastik, sehingga wajib dilakukan pembersihan, agar saluran air dapat berfungsi dengan baik.

“Pembersihan sampah-sampah kering banyak ditemukan pada saluran air dan itu harus dibersihkan agar tidak terjadi penyumbatan,” terang Ridwan.

Lanjutnya, pemeliharaan saluran air dilakukan secara rutin setiap minggu, baik saat musim hujan maupun musim kemarau, sekaligus untuk memastikan fungsi tali air berjalan dengan baik.

“Untuk pemeliharaan atau pembersihan, kami lakukan rutin setiap minggu, bahkan jika diperlukan setiap hari agar saluran air ini berfungsi dengan baik,” tandas Ridwan. (dew)

 

 

 

 

 

 

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin