Berita Bekasi Nomor Satu

SMA di Bekasi Persiapkan Naskah Soal Ujian Sekolah

ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMAN 5 Kota Bekasi saat mengikuti pembelajaran di kelas. Persiapan untuk US telah dimulai oleh sejumlah SMA di Bekasi. ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Persiapan untuk Ujian Sekolah (US) telah dimulai oleh sejumlah SMA. Meskipun petunjuk teknis penulisan soal US belum diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sekolah telah membentuk kepanitiaan untuk mempersiapkan soal dan kisi-kisi.

Kepala SMA Tulus Bhakti Kota Bekasi, Margo Cahyono, mengatakan bahwa guru mata pelajaran kelas XII telah diberi tugas untuk menyiapkan naskah soal US.

“Kami sudah memberikan tugas pembuatan naskah soal US kepada guru mata pelajaran kelas XII dan tugas ini sudah diberikan perhari ini untuk bisa dikerjakan,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Rabu (31/1).

Target pembuatan naskah soal US diberikan waktu selama 14 hari. Setelah naskah selesai, maka sekolah akan melakukan verifikasi pada soal-soal tersebut.

“Targetnya dua minggu ke depan sudah selesai untuk kemudian kami verifikasi,” ucapnya.

Margo menjelaskan bahwa kesiapan awal memberikan waktu yang lebih banyak untuk verifikasi, pengeditan, dan penginputan soal pada aplikasi ujian.

“Kami punya space yang banyak untuk melakukan verifikasi, proses pengeditan sampai kami yakin soal yang dibuat sesuai dengan juknis yang diberikan oleh Disdik,” jelasnya.

Penulisan naskah US berpatokan pada petunjuk teknis tahun sebelumnya, yang memuat soal dari kelas 10 (20 persen), kelas 11 (30 persen), dan kelas 12 (50 persen). Margo menekankan bahwa aturan ini dapat disesuaikan dengan kebijakan sekolah.

“Untuk aturan tahun lalu seperti ini tapi ditandai dalam note bahwa setiap persentase yang tertera dapat disesuaikan dengan kebijakan sekolah, artinya aturan tidak baku atau menyesuaikan,” terangnya.

BACA JUGA: Sekolah di Bekasi Ambil Langkah Cermat dalam Menangani Izin Tidak Masuk Sekolah

Dengan demikian, naskah soal yang telah disiapkan oleh sekolah hanya perlu disesuaikan dengan aturan dan kriteria petunjuk teknis yang berlaku. Menurutnya, persiapan lebih awal akan menghasilkan kualitas yang lebih baik dan optimal.

“Jika ada juknis baru kami tinggal menyesuaikan, karena biasanya juknis yang dikeluarkan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Semua dikembalikan lagi kepada satuan pendidikan masing-masing,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMAN 1 Sukakarya Kabupaten Bekasi, Acep Hadi. Ia mengungkapkan, sekolahnya telah mempersiapkan secara teknis sambil menunggu petunjuk teknis resmi.

“Secara teknis kami sudah persiapkan semua tinggal menunggu juknis turun,” tuturnya.

Juknis pembuatan naskah soal US dijadwalkan akan dikeluarkan pada Februari 2024. Setelah itu, sekolah dapat menyesuaikan dan mempersiapkan naskah soal ujian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Awal Februari 2024 informasi akan turun juknis pembuatan naskah soal US, setelah turun maka kami tinggal menyesuaikan dan mempersiapkan lebih matang,” terangnya.

Pelaksanaan US dijadwalkan berlangsung mulai 18 hingga 22 Maret 2024. Hal ini sejalan dengan penjadwalan pada minggu ketiga dalam kalender pendidikan.

“Jika mengikuti kalender pendidikan US terjadwal di minggu ke-3,” pungkasnya. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin