Berita Bekasi Nomor Satu

Tenaga Medis Kabupaten Bekasi Bakal Siaga di Setiap TPS

ILUSTRASI: Petugas puskesmas memeriksa kesehatan warga di Desa Kalijaya Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, beberapa waktu lalu. Dinkes Kabupaten Bekasi bakal menyiagakan tenaga medis di setiap TPS. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi bakal menyiagakan tenaga medis di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Nantinya, tim kesehatan tersebut akan bekerjasama bersama petugas lainnya yakni Polri, TNI, Fasilitas Kesehatan Swasta, Relawan, dan Public Safety Center 119.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi, Supriadinata, menyampaikan bahwa selain tenaga medis yang berjaga di setiap TPS, juga ada yang berkeliling untuk memastikan kesehatan para petugas pemungutan suara.

“Ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat perihal dukungan Bidang Kesehatan pada Pemilu dan Pilkada 2024. Nanti tenaga medis akan standby di puskesmas dan ada yang mobile serta ditunjuk satu orang untuk setiap PPS (desa) sebagai PIC (penanggung jawab),” jelas Supriadinata di Cikarang Pusat, Rabu (31/1).

Melalui surat edaran tersebut, pihaknya mengimbau para petugas di TPS untuk menerapkan protokol kesehatan, menjaga stamina dengan istirahat dan asupan makan yang cukup guna mencegah penyebaran penyakit.

BACA JUGA: Pelatihan Penggunaan Antropometri Dilanjut

Selain itu, kolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dilakukan untuk memantau warga yang melakukan pemungutan suara di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) seperti klinik, rumah sakit, dan tempat lainnya.

“Kami juga tentunya akan terus berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Bekasi untuk mendata warga yang tengah menjalani rawat inap di Fasyankes serta anggota keluarga yang mendampingi untuk menjamin terpenuhinya hak suara mereka di hari pencoblosan,” katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, menyampaikan telah menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk menempatkan para tenaga medis guna mendampingi para petugas di TPS. Dani berharap agar para tenaga medis dapat berperan aktif membantu para petugas gabungan apabila ada yang mengalami kelelahan atau sakit dengan respons yang cepat.

“Kami sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk mengerahkan tenaga medis untuk mendampingi petugas di TPS, sehingga jika ada gejala-gejala kelelahan atau sakit ini bisa segera ditangani. Semoga adanya petugas dapat membantu kelancaran dan kesehatan petugas yang ada di lapangan,” tandasnya. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin