Berita Bekasi Nomor Satu

Dimobilisasi Naik Odong-Odong, 97 ODGJ Zamrud Biru Bekasi Nyoblos di 9 TPS

Odong-odong pengangkut ODGJ yang akan menyoblos dari Yayasan Zamrud Biru Bekasi ke sembilan TPS di wilayah Mustikasari, Mustikajaya, Kota Bekasi, Rabu (14/2/2024). Foto Ahmad Pairudz/Radarbekasi.id

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dimobilisasi naik kendaraan odong-odong, sebanyak 97 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari Yayasan Zamrud Biru menyoblos di 9 tempat pemungutan suara (TPS), Rabu (14/2/2024).

Mereka datang ke TPS menggunakan odong-odong secara bersama-sama. Para ODGJ mencoblos di TPS yang berada di sekitar yayasan, tepatnya di Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya.

Puluhan ODGJ itu terbagi di 9 TPS,  mulai dari TPS 42 hingga TPS 49 di Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya.

BACA JUGA: Dua TPS di Pondokgede Bekasi Kurang 100 Surat Suara Calon Presiden

Pendiri Yayasan Zamrud Biru, Suhartono mengatakan, tidak ada kendala selama proses pencoblosan berlangsung. Sebab, para pasien sudah diedukasi sejak jauh-jauh hari.

“Pada H-1 menjelang pencoblosan pihak yayasan mengadakan simulasi pencoblosan. Simulasi dilakukan agar pasien bisa mudah mengikuti tahapan pencoblosan,” katanya.

Bagi Suhartono, kesulitan yang dihadapi hanya mengajarkan para pasien mengingat partai politik. Hal ini karena jumlah partai yang terlalu banyak.

BACA JUGA: Viral, Caleg Golkar Kota Bekasi Tebar Amplop, Faisal Bilang Begini

Sedangkan untuk calon presiden pasien relatif mudah mengingat. Dikarenakan jumlah mereka yang sedikit.

“Para pasien yang mencoblos adalah mereka dengan tingkat kejiwaan 50 hingga 70 persen. Dan yang paling penting mereka terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ucapnya. (pay)

Solverwp- WordPress Theme and Plugin