Berita Bekasi Nomor Satu

Santri Pondok Pesantren di Bekasi Siap Hadapi Ujian Akhir

ILUSTRASI: Pengurus Ponpes Annur berjalan menuju salah satu gedung khusus santri perempuan. Ujian Akhir Pondok Pesantren (UAPP) akan segera dilaksanakan oleh santri setelah ujian di sekolah formal selesai dilakukan. FOTO: DEWI WARDAH/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ujian Akhir Pondok Pesantren (UAPP) akan segera dilaksanakan oleh santri setelah ujian di sekolah formal selesai dilakukan.

Menurut kalender pendidikan tahun ajaran 2023/2024, ujian kelulusan siswa di periode ini akan berlangsung rentang waktu dari Maret hingga April 2024. Pelaksanaan UAPP dijadwalkan dilakukan pada April 2024.

Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Bekasi, Ismail Anwar, menjelaskan bahwa kebanyakan pondok pesantren memilih untuk menyelenggarakan UAPP di akhir atau setelah ujian sekolah formal.

“Kebanyakan pondok pesantren (ponpes) melakukan UAPP itu diakhir atau setelah ujian sekolah formal,” ujar Ismail kepada Radar Bekasi, kemarin.

Menurutnya, banyak pondok pesantren memilih untuk melaksanakan UAPP pada April agar para santri dapat lebih fokus, karena UAPP menjadi kunci kelulusan mereka.

“Selain santri lebih fokus, sejumlah ponpes menilai UAPP tersebut lebih diutamakan dan baru dianggap lulus dari pondok,” terang Ismail.

BACA JUGA: Hampir Semua Pondok Pesantren di Bekasi Sudah Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru

Menurutnya, terdapat beberapa poin penting yang menjadi acuan penilaian UAPP, meliputi penilaian kognitif, afektif, psikomotorik, pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman santri (praktik).

“Penilaiannya umum dalam standar pendidikan, jadi bagaimana santri memahami dan mengetahui apa saja yang sudah dipelajari selama di ponpes,” ucap Ismail.

Adapun penilaian melibatkan praktek Tahfidzul Qur’an, baca kitab kuning, khutbah Jum’at, dan beberapa jenis penilaian praktek lisan dan tertulis. Ismail menjelaskan bahwa pelaksanaan UAPP biasanya memakan waktu 1-2 minggu, disesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal masing-masing ponpes.

“Biasanya butuh waktu 1-2 minggu, karena ada ujian lisan dan tertulis,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin