Berita Bekasi Nomor Satu

Hindari Makanan Tinggi Gula

dr. Hadyan Rahmat  

RADARBEKASI.ID, BEKASIBagaimana awal puasa kalian, tentunya lagi semangat-semangatnya dong atau justru merasa lemas dan kurang bersemangat. Tenang dr. Hadyan Rahmat, Praktisi Kesehatan dan Pendidikan, juga Dosen Akademi Kebidanan Bunda Auni ini punya tips buat kalian untuk tetap semangat dan kuat menjalankan aktivitas selama puasa.

Pertama sebelum puasa pastikan sahur dengan makanan bergizi, pilihlah makanan yang kaya serat, protein, dan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal, telur, ayam, ikan, dan sayur-sayuran. ”Sebisa mungkin kita hindari makanan yang tinggi gula dan lemak karena dapat membuat tubuh kita cepat lapar dan lemas,” ujar dr. Hadyan Rahmat

Selain itu, pastikan minum air putih yang cukup minimal delapan gelas per hari, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini untuk membantu tubuh kita terhindar dan mencegah dari dehidrasi.

BACA JUGA: Sekolah di Bekasi Siapkan Program Ramadan  

Selain asupan makanan, waktu istirahat juga tak kalah penting nih. Utamanya tidur yang cukup. Karena tidur yang cukup akan membantu tubuh kita untuk beristirahat dan memulihkan energi selama berpuasa. ”Jadi selama bulan Ramadan kurang-kurangin begadang nya ya,” jelas dokter yang tinggal di Kota Bekasi ini.

Nah, selama berpuasa disarankan juga dapat mengatur waktu saat beraktivitas siang hari. Minimalisir aktivitas fisik yang berat, terutama saat cuaca panas, agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi dan kelelahan.

”Tetap usahakan beraktivitas seperti biasa saat puasa, namun tentu harus mengatur aktivitas dengan bijak supaya intensitasnya tidak berlebihan,”paparnya.

Tidak hanya saat sahur dan menjalankan aktivitas selama berpuasa, saat berbuka dokter Hadyan juga menganjurkan makan dengan perlahan saat berbuka. ”Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan dengan baik. ini untuk membantu pencernaan kita tidak bermasalah sehingga kita bisa merasa kenyang lebih lama,” tambahnya.

Sebagai tambahan, gunakan pakaian yang nyaman selama beraktivitas. Hindari paparan sinar matahari langsung terutama saat cuaca panas hal ini untuk mencegah dehidrasi. (dew)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin