Berita Bekasi Nomor Satu

Kisah Ibu Melahirkan saat Perjalanan Mudik Lebaran   

Petugas memberikan pertolongan kepada ibu yang akan melahirkan. ISTIMEWA  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Seorang ibu bernama Meliana hampir  melahirkan di gerbong  Kereta Api (KA) Sembrani Relasi Bekasi-Cepu saat mudik Lebaran 2024 bersama suaminya.

Berkat pertolongan cepat dan tepat petugas KA bersama penumpang yang berprofesi sebagai dokter dan bidang, ibu ini berhasil melahirkan dan bayinya sehat.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan bahwa ibu tersebut memang sudah dalam kondisi hamil, bersama suaminya mudik menggunakan KA Sembrani dengan relasi Bekasi-Cepu.

Namun, saat perjalanan menjelang Stasiun Tegal, Meliana merasakan sakit pada perutnya dengan posisi saat itu dia berada di bordes antara eksekutif 4 dan 5. Dengan naluri sebagai tenaga kesehatan, salah seorang penumpang datang membantu.

”Beruntung ada penumpang yang berprofesi dokter anak di Rumah Sakit (RS) Kariadi Semarang bernama Rina Pratiwi dan bidan Puskesmas Senen Jakarta bernama Feni Wulandari,” ujar Ixfan kepada wartawan, Jumat (12/4), dikutip dari Jawa Pos.com (Grup Radar Bekasi).

Di sela-sela penanganan proses persalinan Meliana oleh dua tenaga kesehatan itu, kondektur KA Sembrani melaporkan kejadian tersebut ke pusat pengendali pelayanan untuk dikoordinasikan dengan petugas terkait, termasuk Pusat Pengendali Operasi Kereta Api (Pusdalopka) 4 Semarang dan Posko Kesehatan Tegal, agar segera dilakukan pertolongan tindak lanjut.

”Dalam perjalanan menuju Poskes Tegal, kepala bayi posisi sudah keluar namun belum berhasil melahirkan,” ungkap Ixfan.

”Oleh karena itu, dari Poskes Tegal penumpang tersebut langsung disiapkan ambulance untuk dirujuk ke Rumah Sakit Islam Harapan Anda Tegal,” sambung dia.

Berdasar informasi yang diterima, usai ibu hamil itu dilarikan ke rumah sakit, anaknya yang berjenis kelamin laki-laki itu pun akhirnya lahir dalam keadaan sehat walafiat.

”Akhirnya bayi berjenis kelamin laki-laki dilahirkan dengan selamat dengan cara normal,” ucap Ixfan. (jpc)

 

 


Solverwp- WordPress Theme and Plugin