Berita Bekasi Nomor Satu

10 Kg Sabu Asal China Gagal Beredar di Bekasi

TUNJUKAN BARANG BUKTI: Kasat Narkoba Polres Metro Bekasi Kota AKBP Farlin Lumban Toruan (kedua kiri) menunjukan barang bukti narkoba sabu saat ungkap kasus di Polres Metro Bekasi Kota, Rabu (17/4). RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Satuan Narkoba Polres Metro Bekasi Kota berhasil gagalkan peredaran narkoba jenis sabu jaringan internasional.

Kasat Narkoba Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Farlin Lumban Toruan, menjelaskan sebanyak 10 kg sabu tersebut berasal dari Tiongkok.

“Sementara masih penyelidikan, tapi diduga berasal dari China,” kata Farlin di Polres Metro Bekasi Kota, Rabu (17/4/2024).

Kasus ini terungkap dari penangkapan tersangka MH di Jalan Raya Caman Pondok Gede Kota Bekasi dengan barang bukti 0,77 gram bruto, Jumat (12/4/2024).

Kemudian, dikembangkan kembali pada 13 April 2024 ke Desa Limus Nunggal Kabupaten Bogor. Didapati barang bukti 19 bungkus yang kecil dan yang besar dengan jumlah 10.654 gram bruto.

“Jadi tersangka MH ini memang pengedar kemudian masih dalam penyelidikan kita, nanti kalau ada tersangka lain kita akan segera beritahukan,” imbuh dia.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu, Ini Motifnya

Polisi saat ini masih memburu tersangka lainya bernisial KA yang lari ke daerah Riau. Peredaran ini mereka lakukan melalui jalur laut.

“Biasanya dari laut, tapi untuk sementara baru terlacak ini dari Riau,” ungkapnya.

Berdasarkan pengakuan tersangka, pelaku mengedarkan barang haram ini belum lama. Dan tersangka merupakan residivis dengan kasus yang sama pada  2022.

“Dia sudah mengedarkan selama dua mingguan, masih dalam pendalaman. Itu di tahun 2024,” bebernya.

Farlin menyebut, 10 kg sabu ini jika dirupiahkan sebesar Rp10 miliar. Rencananya, sabu ini akan diedarkan di wilayah Jabodetabek.

“Kalo misalnya dia Rp1 juta per gram ya sekitar Rp10 miliar nilainya,” ucapnya.

Atas perbuatannya, tersangka dibui dengan sangkaan pasal 114 ayat 2, 112 ayat 2 ancaman hukuman 20 tahun atau maksimal seumur hidup. (rez)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin