Berita Bekasi Nomor Satu

GP Ansor Usulkan KH Ma’mun Nawawi sebagai Pahlawan Nasional

BERI KETERANGAN: Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Addin Joharudin, memberikan keterangan pers kepada wartawan, Minggu (21/4/2024). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor mengusulkan Kiai Haji (KH) Ma’mun Nawawi sebagai pahlawan nasional. Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Addin Jauharudin, mengatakan usulan itu akan disampaikan kepada Kementerian Sosial.

“GP Ansor akan melayangkan surat usulan beliau (KH Ma’mun Nawawi), tokoh Bekasi, ditetapkan sebagai pahlawan nasional (ke Kemensos,red) pada November mendatang,” ujar Addin.

Hal itu diungkapkan Addin setelah melakukan ziarah ke makam KH Ma’mun Nawawi di Komplek Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat Kampung Cibogo Desa Sindangmulya Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi, Minggu (21/4). Kegiatan ini bagian dalam helatan Ansor 90 Tahun 90 Km mengayuh sepeda dari Kantor Pusat GP Ansor di Jakarta menuju Cibarusah.

Menurut Addin, pertimbangan GP Ansor untuk mengusulkan ini turut didasarkan pada usulan pemerintah daerah serta sebagai tokoh NU yang merupakan murid dari KH Hasyim Asy’ari dan sebagai tauladan bagi masyarakat Indonesia.

“Jadi tidak hanya dikenal oleh masyarakat Bekasi saja melainkan harus secara nasional. Oleh sebab itu kami berharap dengan kelengkapan yang telah disampaikan bisa dinobatkan sebagai pahlawan nasional pada tahun ini,” jelasnya.

Dikatakan Addin, mengenang sejarah dan perjuangan para ulama merupakan salah satu cara untuk menciptakan generasi emas di masa depan.

BACA JUGA: Festival Adu Bedug Desa Taman Rahayu Setu Meriah

“Tidak ada generasi emas tanpa mengenang pejuang ulama terdahulu. Oleh sebab itu melalui gowes 90 km ini kami mengenang perjuangan Mama Cibogo (KH Ma’mun Nawawi) dahulu berjuang 10 November bersama santri. Namun kami kenang dengan bergowes,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan Banser Kabupaten Bekasi, Ma’ruf HS, menyatakan bahwa KH Ma’mun Nawawi layak dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Menurutnya, sejarah kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan rakyat dan ulama, khususnya di Kabupaten Bekasi.

Setelah KH Noer Alie yang sudah lebih dahulu dinobatkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah pusat, tidak menutup kemungkinan Kabupaten Bekasi kembali memiliki seorang pahlawan nasional, yaitu KH Ma’mun Nawawi.

Menurutnya, KH Ma’mun Nawawi merupakan seorang ulama pejuang dan cendekiawan muslim asal Kampung Cibogo Cibarusah yang memiliki peran besar dalam sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

KH Ma’mun Nawawi aktif dalam membentuk laskar hizbullah dan memberikan pelatihan semi militer kepada para santri pesantren Albaqiyatus Sholihat yang dipimpinnya.

“Kami harap dengan kegiatan ini bisa menjadi perhatian pemerintah pusat dan menjadi kebanggan masyarakat Kabupaten Bekasi yang patut untuk diikuti dan tauladani,” jelasnya.(and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin