Berita Bekasi Nomor Satu

Pasar Aksesoris Menurun

UMKM : Pengunjung melihat-lihat bazar UMKM di Mal Blu Plaza, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (19/4) RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pemesanan souvernir bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sempat mengalami peningkatan pada awal tahun 2024. Namun ‘masa bulan madu’ tersebut telah usai dan saat ini pemesanan sudah terlihat kembali normal.

Sebelumnya peningkatan penjualan pada UMKM cluster aksesoris pada bulan April sampai dengan awal Mei 2024 mengalami peningkatan sebesar 50 persen.

Dimana penjualan pada hari biasa UMKM cluster aksesoris hanya menerima pemesanan paling banyak 100 pcs, namun setelah ada peningkatan pemesanan bisa mencapai 500-1.000 pcs.

“Alhamdulillah selama bulan Syawal lebaran kami pelaku UMKM cluster aksesoris padat pemesanan souvernir hajatan,” ujar Ketua UMKM cluster Aksesoris, Anggoro kepada Radar Bekasi, Rabu (15/5).

BACA JUGA: Bea Cukai Bekasi dan Cikarang Dorong UMKM Go Internasional

Kendati demikian peningkatan penjualan pada aksesoris souvernir tidak berlangsung lama, sebab di pertengahan bulan Mei saat ini pemesanan sudah terlihat landai atau kembali normal.

“Mulai pertengahan bulan Mei pemesanan kami sudah kembali landai atau berkurang, dan bisa dibilang normal seperti bulan-bulan biasanya,” jelasnya.

Menurutnya penurunan jumlah pemesanan diiringi dengan kebutuhan anak sekolah saat ini, dimana adanya penerimaan siswa baru pada setiap jenjang sekolah.

” Bulan Mei sampai Juni itu orderan kita sudah bisa dibilang menurun, karena kebutuhannya beralih ke keperluan anak-anak sekolah,” ucapnya.

Namun demikian peningkatan pemesanan yang sempat terjadi cukup membantu para pelaku UMKM cluster aksesoris, meskipun peningkatan tidak berlangsung lama.

“Cukup membantu meskipun hanya beberapa bulan saja, tapi memang sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya seperti itu,” pungkasnya. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin