Berita Bekasi Nomor Satu

Jaga Kondusivitas Jelang Pilkada

SAPA WARGA: Wakapolda Metro Jaya Brigjenpol Suyudi Ario Seto (dua kanan) didampingi PJ Bupati Bekasi Dani Ramdan (tiga kanan) dan Kapolres Metro Bekasi, Kombespol Twedi Aditya Bennyahdi (empat kanan) menyapa warga di Cikarang Barat, Selasa (4/6) malam.ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Wilayah Kabupaten Bekasi mendapat perhatian khusus terkait kondusivitas dan keamanan wilayah, terlebih menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.
Langkah itu dimulai dengan operasi gabungan berskala besar yang sempat dilakukan bersama jajaran TNI dan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Apel cipta kondisi (Cipkon) dipimpin,langsung Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto di Mako Polres Metro Bekasi, Cikarang Utara, Selasa (4/6).

Operasi tersebut menyisir wilayah-wilayah rawan criminal, menyusuri jalur pantura dari wilayah Cikarang Barat hingga Cibitung. Selain menyisir jalan utama, petugas gabungan itu juga menyisir wilayah pemukiman warga di Perumahan Taman Aster, Kelurahan Telaga Asih Kecamatan Cikarang Barat.

”Dalam keluarga kita sendiri anak-anak kita jaga. Jangan sampai ada alat-alat yang berpotensi mengganggu ketertiban kamtibmas. Kami mengimbau kepada bapak-ibu agar melindungi dulu mulai dari anggota keluarga kita,” ucap Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto saat berdiskusi dengan warga di Cikarang Barat, Selasa (4/6) malam.

Dia juga menekankan peran serta masyarakat untuk menciptakan situasi yang kondusif sangatlah penting. Masyarakat diminta untuk segera melapor apabila melihat atau mengalami tindakan kriminal. Ia menjamin petugas kepolisian akan menanganinya dengan responsif.

BACA JUGA: Satpol PP – Satlinmas Harus Siap Amankan Pilkada Kabupaten Bekasi

“Kita harus lebih responsif, peduli dan empati jika menemukan tindakan-tindakan kriminal dapat melaporkan ke pihak yang berwenang. Laporan dapat di cek khususnya Kapolres, Kapolsek, Kasat Reskrim dan lainnya untuk mengantisipasi dan menangani laporan warga. Karena tanpa dukungan masyarakat, polri tidak akan mampu menangani bekerja dengan optimal,” tambahnya.

Sementara, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan kunjungannya Wakapolda Metro Jaya ini juga untuk memastikan kesiapan anggota polisi Polres Metro untuk mengamankan pengamanan terutama menjelang Pilkada Kabupaten Bekasi. Operasi Cipkon ini melibatkan 192 personel gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI, dan Satpol PP Kabupaten Bekasi.

“Kami menurunkan, gabungan ya personel tiga pilar ada 192 personel keliling di wilayah Pantura, kemudian sekitar Cibitung sampai ke Cikarang Selatan dan Timur. Kami mengajak masyarakat berperan aktif dan berpartisipasi dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kondusivitas di wilayah masing-masing ” ungkap Twedi.

Terpisah, Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam patroli cipta kondisi tersebut. Dengan operasi cipkon ini, masyarakat bisa lebih siap menghadapi Pilkada 2024 di Kabupaten Bekasi. Dimana pengamanan merupakan bagian penting dari jalannya proses demokrasi ini.

“Pertama, mendorong partisipasi itu sangat penting agar masyarakat tidak acuh tidak apatis terhadap penyelenggaraan Pilkada, yang kedua potensi konflik antar para pendukung antar partai dengan dukungan yang berbeda, pilihan yang berbeda sehingga harus sudah dieliminir sedini mungkin,” tandas Dani. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin