Berita Bekasi Nomor Satu

Survei: 71,75 Persen Warga Kota Bogor Tak Tau Tahapan Pilkada 2024

Sejumlah petugas lipat saat melipat surat suara Pemilu 2024 beberapa waktu lalu di gudang logistik KPU Kota Bekasi. Foto dok.

RADARBEKASI.ID, BOGOR–Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) merilis hasil survei Pilwalkot Bogor. Salah satu hasil surveinya, yakni menyasar pada pengetahuan masyarakat soal tahapan Pilkada 2024. Penanggung Jawab Pengolahan Data LS Vinus, Rizki Riyanto mengatakan survei tersebut dilakukan dalam kurun waktu 10 hingga 15 Juni.

“Untuk metodenya kami menggunakan simpel random sampling dengan menggunakan teori slovin dalam pengambilan sampelnya,” jelas Rizki yang dikutip di JPNN, Jumat (21/6).

Hasil survei Pilwalkot Bogor ini dilakukan dengan menyasar 800 responden dengan instrumen tertutup dengan sistem wawancara tatap muka. Berdasarkan hasil survei Pilwalkot Bogor, 71,75 persen warga Kota Bogor tidak mengetahui tahapan pungut hitung Pilkada 2024.

BACA JUGA:KPU Butuhkan 8.180 Petugas untuk Mutakhirkan Data Pilkada Kabupaten Bekasi

“Artinya, hanya 28,25 persen warga Kota Bogor yang tahu tahapan pungut hitung Pilkada 2024. Jadi, selama ini banyak warga yang belum tahu jadwal dan tahapan Pilwalkot Bogor,” ujarnya.

Direktur Eksekutif LS Vinus, Yusfitriadi menilai tingginya angka ketidaktahuan warga soal Pilwalkot Bogor tentu harus menjadi perhatian semua pihak. “Kalau angkanya setinggi itu, tentunya kita harus mempertanyakan kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor. Mereka ini kerjanya apa? Kok bisa 70 persen lebih warga Kota Bogor tidak tahu soal Pilwalkot Bogor,” ungkapnya.

Yusfitriadi berharap hasil survei Pilwalkot Bogor soal tahapan pungut hitung Pilkada 2024 bisa menjadi catatan bagi KPU Kota Bogor untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya. “Ini tentu harus jadi PR untuk KPU. Bagaimana caranya KPU harus bisa merubah data dan angka di atas,” tutupnya. (ce1)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin