Berita Bekasi Nomor Satu

Tol Cimanggis – Cibitung Pangkas Waktu Tempuh

RESMIKAN JALAN TOL: Wapres Ma'ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung di Kabupaten Bogor, Selasa (9/7). ISTIMEWA

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Jalan Tol Cimanggis – Cibitung resmi dibuka setelah diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, Selasa (9/7). Jalan tol Seksi 2B Segmen Simpang Susun (SS) Cikeas-Junction Cibitung yang dibangun sejak 2016 dengan nilai investasi Rp10,6 triliun ini memiliki panjang 26,1 kilometer (km).

Jalan tol tersebut melintasi empat wilayah. Yakni, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor. Selain itu, jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Di Kabupaten Bekasi, jalan tol ini melintasi wilayah Setu, Cibitung, Cikarang Barat, dan bermuara di simpang susun Cibitung yang terkoneksi langsung dengan Tol Jakarta-Cikampek. Ma’ruf Amin menyampaikan, keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung

BACA JUGA: Satpol PP Belum Jalankan Perintah Pj Bupati Bekasi, Pengamat: Perangkat Daerah Harus Taat Pimpinan

“Keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung jadi sekitar 30 sampai 40 menit dari sebelumnya satu sampai dua jam melalui jalan arteri,” ucap Ma’ruf Amin saat peresmian Jalan Tol Cimanggis – Cibitung di Kabupaten Bogor, Selasa (9/7), dikutip dari siaran langsung Youtube Wapres RI.

Menurutnya, jalan tol ini dapat meningkatkan konektivitas antara wilayah penyangga ibukota DKI Jakarta, yang akan mendukung efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi kawasan industri di Kabupaten Bekasi seperti MM2100, EJIP, dan lainnya. Selain itu, keberadaan tol ini juga dapat mempercepat distribusi barang dan jasa yang berpengaruh terhadap biaya logistik.

“Tingkat aksesibilitas yang tinggi akan mendorong daya saing daerah menarik investasi dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar,” tambahnya.

Ma’ruf berharap, Jalan Tol Cimanggis – Cibitung ini juga memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah yang dilintasinya. Ia juga menginginkan agar pengelolaan jalan tol ini bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan swasta untuk membangun akses-akses penghubung dan fasilitas pendukung lainnya.

BACA JUGA: Kejari Kabupaten Bekasi Musnahkan Barbuk 96 Perkara, Sabu Terbanyak

“Pastikan tol Cimanggis Cibitung memberikan manfaat kepada masyarakat, dengan meningkatkan infrastruktur pendukung seperti peningkatan akses dan kualitas jalan yang terhubung langsung dengan tol, serta fasilitas transportasi publik yang lebih baik,” tutur Ma’ruf.

Sementara Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Edwin Syahruzad, mengungkapkan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini membuat jaringan JORR 2 tersambung secara utuh yang panjang jalannya mencapai 111 km mulai dari Cengkareng, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung hingga Cilincing. Selain itu, jalan tol ini juga akan menjadi jalan alternatif untuk meningkatkan kelancaran komuter dan logistik di kawasan industri.

“Jalan tol ini juga terkoneksi dengan jalan tol trans jawa ruas Jakarta Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Kertajati sehingga menjadi ruas alternatif dan solusi mengurai travel time akibat kemacetan atau kepadatan lalu lintas di ruas Tol Jakarta Cikampek yang menuju Jakarta Bogor Tangerang dan sekitarnya,” tandas Edwin. (ris)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin