Berita Bekasi Nomor Satu

Linmas Cikarang Selatan Dilatih Selamatkan Korban Tenggelam

PELATIHAN: Anggota linmas di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan mengikuti pelatihan tentang penyelamatan korban tenggelam. ANDI MARDANI/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Anggota perlindungan masyarakat (linmas) di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan diberikan pelatihan tentang penyelamatan korban tenggelam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas pengetahuan baik teori serta prakteknya dan keterampilan dalam penyelamatan orang tenggelam,” kata Kepala Seksi Trantib Kecamatan Cikarang Selatan, Daniel Aritonang, saat kegiatan pelatihan di salah satu hotel, Rabu (10/7).

Menurutnya, peserta pelatihan berjumlah 70 anggota linmas yang bertugas di tujuh desa di Cikarang Selatan. Meskipun sebagian besar orangtua, semangat mereka dalam mengikuti pelatihan tetap tinggi.

BACA JUGA: Saimbrata Anggota Satlinmas Sepuh di Kabupaten Bekasi: Paling Berkesan Jaga Acara Bajidor

“Meskipun mayoritas orangtua, namun semangatnya masih seperti anak muda. Sebab begitu semangat dalam mengikuti pelatihan,” katanya.

Selain penyelamatan korban tenggelam, anggota linmas juga mendapatkan pelatihan lain. Menurut Daniel, kegiatan ini melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) sebagai pemateri.

Satpol PP memberikan pengetahuan tentang menjaga keamanan wilayah serta membangun jaringan untuk menangani situasi darurat. Sementara BPBD memberikan pelatihan tentang penanganan bencana termasuk tenggelam.

BACA JUGA: Satpol PP – Satlinmas Harus Siap Amankan Pilkada Kabupaten Bekasi

“Pelatihan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas Linmas yang bertugas langsung bersentuhan dengan masyarakat, terutama dalam menjaga keamanan di tingkat desa dan RW,” tambahnya.

Sementara, seorang peserta, Ujang, yang sudah 19 tahun menjadi anggota linmas mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian pemerintah atas kepeduliannya memberikan pelatihan ini.

“Linmas sering kali diisi oleh generasi yang lebih tua. Kami merasa dihargai karena mendapat kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga keamanan masyarakat,” ujarnya. (and)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin