Berita Bekasi Nomor Satu

Masih Minat Jadi PNS? Ini Jadwal Pendaftaran CPNS 2024

Ilustrasi ratusan ribu PNS mengikuti uji kompetensi pemindahan ASN ke IKN. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI. ID, JAKARTA – Masih minat jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Ini jadwal pendaftaran Calon PNS (CPNS) 2024.

Rencananya, pendaftaran baru akan dibuka pada akhir Juli atau Agustis 2024 mendatang. Sebelumnya, pendaftaran CPNS 2024 direncanakan bakal dibuka Juni.

“Pelaksanaan seleksi CPNS kemungkinan akhir Juli-Agustus ya,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi, Abdullah Azwar Anas kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Simak 4 Info Penting Seleksi CPNS dan PPPK 2024, Fressh Graduate dan Honorer Wajib Tahu

Anas menjelaskan, pendaftaran CPNS tertunda karena banyak kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang belum mengusulkan formasi untuk memenuhi kuota.

Selain itu, Kementerian PANRB menyediakan 200 ribu formasi CPNS 2024 untuk lulusan baru. Namun, hingga awal Juli 2024, jumlah yang diusulkan baru mencapai 130.341 formasi.

Terkait itu, Kementerian PANRB memutuskan untuk menunda pembukaan pendaftaran CPNS karena kuota formasi yang diajukan oleh beberapa instansi tidak terpenuhi. Adapun pendaftaran baru akan dibuka pada Juli atau Agustus 2024.

BACA JUGA: Segini Usulan Formasi Lowongan CPNS dan PPPK di Kota Bekasi Tahun 2024

Anas mengatakan bahwa formasi yang diberikan tidak direkomendasikan oleh kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah, sehingga mengharuskan Kementerian PANRB menunggu.

“Inilah yang menyebabkan kita menunggu, karena formasi yang kita berikan tidak diusulkan kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah,” pungkas dia.

Sebelumnya, Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dibuka pada akhir Mei 2024.

BACA JUGA: Siap-siap, Ini 11 Formasi Lowongan CPNS 2024 untuk Lulusan S1

Hal itu akan ditandai dengan pengumuman rincian formasi jabatan CPNS dan PPPK di masing-masing instansi pusat. Haryomo memastikan, pelaksanaan tes rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) formasi umum ini akan dilakukan pada bulan Juni 2024.

“Bulan Mei akhir, akan kami lakukan pengumuman formasi apa saja yang dibuka dalam rekrutmen ASN 2024, meliputi CPNS dan PPPK,” kata Haryomo saat ditemui di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

“Tesnya dilakukan sebulan setelah itu, akhir bulan Juni kami akan melakukan seleksi untuk formasi yang di luar kedinasan atau formasi umum,” ungkapnya. (rbs/jpc)