Berita Bekasi Nomor Satu

Kolaborasi Dosen Universitas Esa Unggul dan STIA Banten dalam Pembuatan Aplikasi SCP di SMK DIMA Bekasi  

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dosen Esa Unggul yaitu Dr. Agung Edi Rustanto dan Dr. Tantri Yanuar Rahmat Syah Berkolaborasi dengan Dosen STIA Banten yaitu Dr. Trisna Sonjaya, dibantu oleh mahasiswa telah berhasil mengembangkan aplikasi perencanaan karir siswa yang mampu mengintegrasikan laporan individu siswa secara detail yang dapat dilihat kapanpun dan dimanapun secara update oleh orangtua siswa dan mitra DUDI.

Pengembangan Aplikasi ini didanai oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KemdikbudRistek) melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI). Ini merupakan bentuk dukungan nyata dari pemerintah untuk dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Tugas dosen bukan hanya saja mengajar, tetapi juga harus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat sehingga ilmu pengetahuan yang dimiliki dapat menghasilkan suatu produk berkualitas yang secara nyata dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Terimakasih banyak kepada Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek yang telah memberikan dukungan sehingga pengembangan aplikasi SCP ini dapat dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Dr. Agung Edi Rustanto, ketua tim pengabdian masyarakat.

Dr. Agung menambakna bahwa pada dasarnya aplikasi SCP ini merupakan pengembangan dari system need assessment yang telah ada sebelumnya.

“Aplikasi ini dikembangkan dengan beberapa terobosan, yaitu perencanaan karir siswa pada aplikasi SCP memiliki data yang lengkap terdiri dari kelengkapan data diri, data keluarga, data permasalahan pribadi, sosial, belajar dan karir, data minat dan bakat, data prestasi, data kompetensi, data hasil tes IQ dan psikotest serta data catatan nilai dan catatan khusus dari guru BK dan guru wali kelas yang selalu update selama siswa sekolah,” tuturnya.

BACA JUGA: 191 Guru dan Tenaga Kependidikan Terima Penghargaan Satyalancana  

Kegiatan PkM ini berjalan dengan sangat lancar berkat dukungan berbagai pihak. Manfaat aplikasi SCP dapat dirasakan secara langsung oleh pihak SMK Dinamika Insan Mandiri (DIMA) Bekasi.

Aplikasi SCP ini dapat menjadikan pengelolaan perencanaan karir siswa dapat menjadi lebih sistematis dan komprehensif sehingga Upaya sekolah dalam meningkatkan penyerapan lulusan dalam memasuki dunia kerja dapat lebih efektif dan efisien.

Guru BK SMK DIMA mengungkapkan bahwa sangat beruntung sekali menjadi mitra sasaran kegiatan PkM ini. Ia menjelaskan bahwa dengan adanya aplikasi SCP, pihaknya akan lebih mudah dalam mengelola karir siswa. Yang terpenting, aplikasi ini akan mempermudah mitra DUDI untuk tertarik dengan siswa dan lulusan SMK DIMA.

“Aplikasi ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan orang tua terhadap pengelolaan Pendidikan di SMK DIMA karena orang tua siswa juga dapat dengan mudah memantau semua bentuk perkembangan anaknya melalui aplikasi SCP ini,” ungkapnya. (adv)