Berita Bekasi Nomor Satu

Dinas SDABMBK Perbaiki Jalan Longsor

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi melakukan perbaikan pada Jalan Cipayung-Cilampayan di Cikarang Timur, yang mengalami longsor akibat derasnya aliran Sungai Cibeet.

“Kami menindaklanjuti usulan masyarakat, karena jalan ini merupakan akses vital bagi mereka untuk beraktivitas,” ujar Kepala Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln.

Perbaikan yang dilakukan meliputi pembangunan jalan dan dinding penahan tanah sepanjang 200 meter dan 175 meter. Perbaikan ditargetkan bisa selesai secepatnya.

BACA JUGA: Cegah Banjir, Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi Normalisasi di 33 Titik

“Kami berharap perbaikan dapat segera dilaksanakan. Target kami adalah akhir November sudah rampung, dan jika kondisi tidak memungkinkan, paling lambat awal Desember,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi, Dedy Supriadi, menyatakan bahwa untuk meningkatkan kekuatan konstruksi, pengerjaan akan dilakukan dengan membangun bore pile (pondasi beton tiang) guna menahan dinding tanah.

“Ya, ini sama seperti pengerjaan di Jalan Kalimalang, di antaranya harus mengebor tanah terlebih dahulu serta membuat Tembok Penahan Tanah (TPT) guna memastikan jalan tersebut menjadi lebih kuat,” ucapnya.

BACA JUGA: Pemkab Bekasi Percepat Pembangunan Jalan Inspeksi Kalimalang

Dedy juga mengingat kembali kunjungannya ke lokasi tersebut dua tahun lalu ketika terjadi longsor di Jalan Cipayung.

“Saya pernah mengunjungi ke tempat ini pada dua tahun yang lalu, kemudian direncanakan di 2023 serta di 2024 ini sedang proses penanganannya,” katanya. (and/*)