Berita Bekasi Nomor Satu

Pelaku Ekonomi Kreatif Perlu Tingkatkan Kreativitas agar Naik Kelas  

Menparekraf, Sandiaga Uno, memberikan arahan saat Workshop KaTa Kreatif 2024 di Gedung Graha Pariwisata Cikarang Timur, Jumat (18/10).

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Pelaku ekonomi kreatif perlu meningkatkan kreativitas melalui pemasaran digital, branding, dan networking agar dapat naik kelas.

Pada Jumat (18/10), di Gedung Graha Pariwisata Cikarang Timur, puluhan pelaku ekonomi kreatif dari Kabupaten Bekasi dan wilayah Jawa Barat mengikuti kegiatan peningkatan kreativitas yang dikemas dalam Workshop KaTa Kreatif 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengungkapkan pengembangan wisata dan ekonomi kreatif di Indonesia semakin menggiat.

Ia bersyukur atas peningkatan ekonomi kreatif yang hasilnya dapat dinikmati langsung oleh pelaku usaha dan masyarakat. Menurutnya, sektor wisata di Indonesia sudah menjadi tulang punggung dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

“Bersyukur, bersyukur dan bersyukur, karena wisata kita sudah jadi tulang punggung dalam mencipatakaan lapangan kerja. Dan ekonomi kreatif jadi nilai tambah sehingga banyak dampak ekonomi kepasa masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA: Tekan Angka Kemiskinan, Anggota DPRD Rasnius Minta Pemerintah Perkuat Pelatihan dan Pengembangan Ekraf

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hariyanto, menjelaskan Workshop KaTa Kreatif bertujuan memberikan pengetahuan kepada para pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam pengembangan kualitas sektor ekonomi kreatif, terutama melalui digital marketing, branding, dan networking. Potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Bekasi mencakup fashion, kerajinan, dan kuliner.

“Maka perlunya peningkatan kreatifivitas sektor ekonomi kreatif melalui pemasaran digital, branding, networking agar meningkatkan potensi sektor ekonomi kreatif unyuk naik kelas,” ucap Hariyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna, mengungkapkan bahwa Kabupaten Bekasi memiliki banyak potensi wisata dan ekonomi kreatif, termasuk wisata bahari dan lainnya. Pemerintah Kabupaten Bekasi, lanjut Iyan, selalu berupaya untuk menghadirkan dan mendorong identitas daerah dalam pengembangan ekonomi kreatif dan wisata. (ris)