Berita Bekasi Nomor Satu

Warga Babelan Nikmati Layanan BOTRAM

FOTO BERSAMA: Pj Sekda Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam, foto bersama dengan warga saat kegiatan BOTRAM di Babelan, akhir pekan kemarin. FOTO: PROKOPIM PEMKAB BEKASI
RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ratusan warga di Kecamatan Babelan antusias dan menikmati sejumlah fasilitas pelayanan publik dalam kegiatan Berkolaborasi Terus Melayani (BOTRAM), yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), secara gratis, mudah, dan efisien.
Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Jaoharul Alam, menyebut pihaknya akan senantiasa hadir langsung pada kegiatan BOTRAM untuk memastikan bahwa setiap elemen masyarakat bisa merasakan pelayanan yang prima dan merata.
“Semangat kolaborasi akan terus diupayakan oleh Pemkab Bekasi dalam memberikan pelayanan yang prima, tertata dan merata bagi masyarakat, sehingga mereka puas dengan hasil kerja nyata kita,” ucapnya di Lapangan Sepakbola Babelan, akhir pekan kemarin.
Dijelaskannya bahwa tersisa empat Kecamatan di Kabupaten Bekasi yang belum menyelenggarakan BOTRAM. Pihaknya berkomitmen akan terus menambah dan mengembangkan pelayanan terbaru sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Salah satunya dengan melibatkan pihak swasta agar pelayanan yang diberikan semakin beragam.
“Tersisa empat kecamatan akan terus kami gencarkan pelayanannya, di sisi lain komitmen kita untuk menambah pelayanan itu terus dilakukan dengan menggandeng pihak swasta supaya apa yang menjadi kebutuhan masyarakat pun terpenuhi,” ujarnya.
Selain itu, BOTRAM tidak hanya sebagai akses pelayanan publik namun mampu meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IPM) karena memberikan kemudahan dan kebermanfaatan untuk mengurus berbagai keperluan dalam satu lokasi kegiatan.
“Maksud adanya BOTRAM tentu memberikan pelayanan lebih mudah, masyarakat yang tinggal jauh dari tempat pelayanan adminduk pun tidak perlu jauh-jauh mengurus dokumen, kini lebih dekat, gratis, dan hal ini mampu menaikkan IPM kita juga,” katanya.
Alam menjelaskan, selain memberikan pelayanan yang sifatnya administratif, BOTRAM juga memberikan pelayanan yang sifatnya pemenuhan informasi serta edukasi bagi masyarakat, seperti pelayanan pajak dari Bapenda, pasar kerja dari Disnaker dan mitigasi bencana kebakaran dari Damkar.
“Lengkap BOTRAM Kabupaten Bekasi, masyarakat tidak hanya mendapatkan pelayanan tapi juga informasi serta edukasi dari berbagai dinas terkait.” ujarnya.
Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penyerahan santunan anak yatim dari Baznas Kabupaten Bekasi, yang diberikan langsung oleh Pj. Sekda Kabupaten Bekasi, didampingi Ketua Baznas Kabupaten Bekasi, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, serta Camat Babelan.(and/adv)