Berita Bekasi Nomor Satu

Realisasi Investasi di Kabupaten Bekasi Capai Rp54 Triliun, Tertinggi di Jawa Barat

ILUSTRASI: Rangkaian LRT Jabodebek melintas di Jatimulya Tambun Selatan, belum lama ini. Realisasi investasi di Kabupaten Bekasi pada triwulan ketiga 2024 mencapai Rp54 triliun. ARIESANT/RADAR BEKASI

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Realisasi investasi di Kabupaten Bekasi pada triwulan ketiga 2024 mencapai Rp54 triliun. Capaian tersebut melampaui target investasi tahun ini sebesar Rp50 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi, Suhup, menyampaikan realisasi investasi pada triwulan ketiga menempatkan Kabupaten Bekasi sebagai yang tertinggi di Jawa Barat.

“Pada triwulan kedua sempat kalah dari Kabupaten Karawang. Namun, pada triwulan ketiga ini, Kabupaten Bekasi kembali menduduki peringkat pertama dengan total investasi sebesar Rp54 triliun,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Kamis (24/10).

BACA JUGA: BPBD Kabupaten Bekasi Terima Laporan 153 Rumah Rusak

Suhup menjelaskan bahwa nilai investasi tersebut berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp39,36 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp14,77 triliun.

Ia memaparkan bahwa sejumlah investor, baik lokal maupun asing, berinvestasi di berbagai sektor seperti jasa, industri logam, mesin dan elektronik, industri kendaraan bermotor dan alat transportasi, transportasi, pergudangan dan telekomunikasi, perumahan, kawasan industri, serta perkantoran.

“Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), kami memberikan pelayanan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hal ini membuat para investor tidak ragu untuk menanamkan modal di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Selain nilai investasi yang tinggi, Suhup juga menyoroti kontribusi sektor-sektor industri di Kabupaten Bekasi dalam penyerapan tenaga kerja.

“Dari seluruh sektor perusahaan yang ada, penyerapan tenaga kerja mencapai 24.405 orang,” pungkasnya. (and)