Olahraga

Petakan Peluang Cabor Baru

Barongsai
KEJURDA: Sejumlah alet Barongsai, tengah menunjukkan kemampuannya pada kejuaraan daerah (Kejurda) Jawa Barat, 2019 lalu. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Cabang olahraga (Cabor) baru yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022 terus dimatangkan.
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, kini tengah memastikan potensi cabor baru yang sudah terbentuk.

Sekretaris Umum KONI Kabupaten Bekasi, Abdul Halim menyatakan, cabor yang diusulkan untuk dibentuk sudah disampaikan pada KONI Jawa Barat. Dua diantaranya, yakni Jujitsu dan Barongsai.

”Terbaru, SK (Surat Keputusan) FOBI (Federasi Olahraga Barongsai Indonesia) dikeluarkan pengurus daerah (Pengda) Jawa Barat. Dan SK nya sudah disampaikan langsung pada pengcab (pengurus cabang),” ujarnya ketika ditemui Radar Bekasi di kantor KONI Jalan Rawa Tembaga, Kecamatan Bekasi Selatan, Rabu (8/1).
Bang Halim–sapaan akrabnya–mengatakan, SK FOBI dari Jawa Barat sudah diketahui KONI. Meskipun, dari pengcab belum menyampaikan secara langsung SK yang sudah diterima pada awal tahun 2020.

”Kita masih menunggu juga SK resminya. Kabarnya sudah diterima. Kalau untuk pemberitahuan sudah disampaikan oleh pengda ke kita (KONI),” tuturnya.
Ketika ditanya terkait persiapan atlet, Halim menjelaskan, bahwa untuk atlet Barongsai di Kabupaten Bekasi, terbagi dua kategori. Pertama, barongsai untuk kejuaraan dan kedua seni.

”Kita akan membahasnya bersama pengcab, saat SK disampaikan nanti. Yang pasti, untuk atlet barongsai kita sudah memiliki. Bahkan, sudah beberapa kali turun pada kejuaraan di Jawa Barat. Peluang perolehan medali nya juga ada,” jelasnya.
Sementara itu, untuk cabor Jujitsu, Halim menyebut, tahap pembentukan pengurus sudah dilakukan sejak akhir tahun 2019. Selain SK, atlet potensial asli daerah juga sudah jauh lebih siap dibanding cabor baru lainnya yang saat ini masih menunggu SK resmi.

”Kita akan terus mematangkan cabor baru. Kalau merujuk pada RAT (rapat anggota tahunan) Desember 2019 lalu, ada tiga cabor yang resmi bergabung pertama kriket, jujitsu dan boling,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa proses pembentukan cabor lainnya masih dalam tahapan.
”Diluar tiga yang di sahkan di RAT, dalam waktu dekat akan menyusul cabor lain juga. Bisa kita pastikan, pada Porda 2022 nanti, kita akan ikut disemua cabang baru yang dipertandingkan,” tukasnya. (dan)

Tags
Close