Berita Bekasi Nomor Satu

Polisi: Jangan ’Main-Main’ pada Pilkades Serentak

Pilkades
BERTANYA : Salah seorang peserta tengah bertanya dalam kegiatan sosialisasi pemilihan kepala desa (Pilkades) 2020 yang dihelat di Hotel Batika, Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, Kamis (30/1). CR49/RADAR BEKASI
Pilkades
BERTANYA : Salah seorang peserta tengah bertanya dalam kegiatan sosialisasi pemilihan kepala desa (Pilkades) 2020 yang dihelat di Hotel Batika, Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, Kamis (30/1). CR49/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Polres Metro Bekasi dan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi mengajak seluruh pihak menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2020. Hal itu disampaikan dalam kegiatan sosialisasi pilkades yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) di Hotel Batika, Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, Kamis (30/1).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta Penjabat (Pj) Pemerintah Desa guna persiapan pelaksanaan Pilkades serentak 2020 di 16 Desa Kabupaten Bekasi.

Kabagops Polres Metro Bekasi, AKBP Muryono mengatakan, para peserta untuk membangun kondusifitas wilayah di 16 desa yang melaksanakan pilkades.
Dia berharap, seluruh peserta sosialisasi dan juga masyarakat dapat sama-sama terlibat menciptakan situasi pelaksanaan proses demokrasi berjalan aman, lancar, dan kondusif.

”Siapapun yang merusak dan mengusik jalannya pelaksanaan Pilkades ini, serta berani melakukan praktik kecurangan dan bertindak diluar aturan kami akan tindak tegas, dan khususnya yang masuk ranah pidana. Tidak akan kami tolerir,” tegasnya.

”Jadi, jangan coba main-main melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan, apalagi menyebarkan hoaks atau berita bohong maupun tindakan hukum lainnya. Siapapun yang melakukan hal itu pasti kita akan tindak tegas,” sambung Muryono.

Di tempat yang sama, Kepala DPMPD Kabupaten Bekasi, Ida Farida menyampaikan, pihaknya berharap seluruh tahapan dapat berjalan dengan baik dan sesuai peraturan agar tercipta situasi yang kondusif.

”Jadi, secara substansial kita sengaja menghadirkan dua narasumber dari TNI-Polri dengan harapan apa yang kita inginkan untuk membangun situasi supaya kondusif dalam Pilkades serentak ini bisa terwujud. Seperti dari kepolisian, sudah menekankan dari awal agar tak main-main di Pilkades nanti,” kata Ida.
Ida menegaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menetralisir segala bentuk kecurangan. Khususnya bagi para panitia dan aparat di tingkat desa supaya bisa independen.

”Kita ingin segala bentuk kecurangan, ataupun hal-hal yang tidak sesuai aturan itu jangan sampai terjadi karena kita bersama TNI-Polri sesuai UU dapat menindak tegas tindakan-tindakan tersebut. Untuk itu sekali lagi harapan kami, mereka bisa independen dan sebagai wasit saja di Pilkades ini,” tandasnya.(cr49)

 

Solverwp- WordPress Theme and Plugin