Olahraga

PBSI Perketat Seleksi Atlet Porda

Radarbekasi.id – Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) Kabupaten Bekasi mengagendakan tahapan seleksi atlet Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022, Sabtu (8/2) akhir pekan nanti.

Ketua PBSI Kabupaten Bekasi, Ahmad Sayuti menyatakan, tahapan seleksi dilakukan menyusul persiapan pemusatan latihan cabang (Pelatcab) Porda PBSI pertengahan tahun 2020 ini.

Proses seleksi, kata dia, akan dilakukani di GOR Bulutangkis Stadion Wibawamukti (WBM), Kecamatan Cikarang Timur.

”Kita akan fokus pada atlet yang bersertifikasi untuk atlet binaan kita nanti. Untuk peserta sendiri, yakni kelahiran 2001. Selebihnya, siap ikut latihan yang di programkan PBSI,” ujarnya ketika ditemui Radar Bekasi, Selasa (4/2).

Sertifikasi nasional menjadi salah satu syarat. Pasalnya mereka mengklaim banyak pebulutangkis Kabupaten Bekasi yang sudah berlaga di level nasional membela klub mereka.

”Kita memiliki target, jadi kita benar-benar menyeleksi alet potensial bersertifikat,” imbuhnya.

Terkait tim Porda sendiri, Sayuti menjelaskan, format baru akan diterapkan Pengcab PBSI Kabupaten Bekasi. Lantaran, atlet eks Porda 2018 tidak semuanya bisa diturunkan pada Porda 2022, karena terbentur regulasi usia.

”Kita akan panggil eks Porda yang masih memenuhi kualifikasi, dan wajib menjalankan seleksi. Ada dua atlet yang masih masuk kualifikasi yakni Edrawan dan Ahmad. Tapi tetap jika hasil seleksi tidak sesuai target, kita akan coret,” tegasnya.

Untuk jumlah peserta sendiri, Sayuti menegaskan, hingga saat ini belum bisa dipastikan. Meskipun, sejumlah peserta seleksi sudah bermunculan dari 30 lebih klub bulu tangkis yang ada di Kabupaten Bekasi.

”Kita sudah merancang program untuk latihannya. Semua ketentuan akan disampaikan, bila atlet sudah ditetapkan. Yang pasti atlet yang nanti masuk tim bulutangkis, mesti siap menjalankan latihan full,” bebernya.

Lebih lanjut, Sayuti menambahkan, untuk lokasi pemusatan latihan sendiri, sudah ditetapkan di GOR Bulutangkis, komplek Stadion Wibawamukti.

”Sebelumnya, lokasi latihan terfokus di daerah Cikarang Utara. Namun, di tahun 2020, Pengcab PBSI sudah menetapkan latihan di sini (Wibawamukti),” bebernya.

Dilain tempat, Kasubag TU UPTD Wibawamukti, Ady Syafar, menyatakan terkait venue latihan untuk cabang bulutangkis sudah mendapatkan izin.

”Kita sudah memberikan rekomendasi. Tinggal surat resmi dari dinas. Dan besar kemungkinan, memang Pelatda Porda untuk bulutangkis akan dilaksanakan di sini,” tukasnya. (dan)

Related Articles

Back to top button