Pendidikan

Program 5J Ilmu Tambahan Siswa

SMPN-3
ILUSTRASI: Sejumlah siswa SMPN 3 Kota Bekasi mengikuti praktik olahraga futsal di halaman sekolah. Sekolah ini menerapkan program 5J. Dewi Wardah Radar Bekasi

Radarbekasi.id – SMPN 3 Kota Bekasi terapkan 5J (Jumat Bersih, Jumat Taqwa, Jumat Sehat, Jumat Literasi dan Jumat Profesi). Program pembiasaan ini sebagai ilmu tambahan siswa.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMPN 3 Kota Bekasi Harsana mengungkapkan, program pembiasaan ini sebagai tambahan ilmu anak didiknya.
”Program ini adalah salah satu bonus untuk siswa agar dapat mengenal beberapa kegiatan-kegiatan pembiasaan yang sifatnya positif, karena pengetahuan itu harus dimulai sejak dini,” ungkap Harsana kepada Radar Bekasi, Selasa (11/2).

Program ini dilaksanakan oleh siswa serta guru satu minggu sekali setiap Jumat sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai. Pelaksanaannya berlangsung selama 30 menit di halaman sekolah.

Pada Jumat Bersih, kegiatannya melakukan bebersih di lingkungkan sekolah dan Jumat Taqwa diisi dengan kegiatan keagamaan seperti salat Duha dan tadarus Alquran.

Sedangkan Jumat Sehat dilakukan senam pagi bersama dan Jumat Literasi diisi dengan membaca buku cerita bersama. Sementara Jumat Profesi, pihak sekolah mendatangkan narasumber dari luar untuk memberikan pengetahuan seputar dunia kerja kepada siswa sebagai bekal mereka nanti.

Harsana mengungkapkan, program yang sudah berjalan selama kurang lebih empat tahun ini mendapat respon positif. ”Adanya program ini semua siswa kelihatan senang dan nyaman menjalankannya. Karena mereka semua bisa merasakan kegiatan belajar di luar kelas,” katanya.

Ia berharap, program yang akan terus dijalankankan kedepan ini dapat benar-benar memberikan dampak positif. Dengan demikian, siswa dapat menjalankannya di luar lingkungan sekolah.

”Harapannya nggak muluk-muluk. Semoga penerapan program ini dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa, sehingga mereka dapat menerapkan ini semua di lingkungan sosialnya,” pungkasnya.(dew)

Related Articles

Back to top button