Olahraga

Wushu Kota Bekasi Jajal Atlet di Kejuaraan

Siapkan Belasan Atlet Muda, Sekaligus Ajang Persiapan Porda

Wushu
LATIHAN: Sejumlah atlet usia dini Wushu Kota Bekasi ketika tengah menjalankan latihan rutin di komplek Stadion Patriot Candrabhaga, Kecamatan Bekasi Selatan. DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Melihat perkembangan atlet, melalui tahap sesi latihan internal dan uji coba lewat sejumlah kejuaraan menjadi langkah yang diambil Pengurus Cabang (Pengcab) Wushu Kota Bekasi. Dalam waktu dekat belasan atlet muda bakal mereka terjunkan di Kungfu Festival Wushu.

Ketua Umum Wushu Kota Bekasi, Riad Oscha Chalik menyatakan, sebanyak 16 atlet binaan akan diturunkan pada Kungfu Festival Wushu, Sabtu (14/3) di sekolah Marsudirini Kemang Pratama Bekasi.

”Kejuaran tersebut menggandeng perguruan kungfu Naga Mas. Kita turunkan semua atlet binaan, untuk melihat dan uji coba 16 atlet binaan pengcab wushu yang sudah kita persiapkan dari jauh hari,” ujarnya kepada Radar Bekasi, Senin (9/3).

Riad–sapaan akrabnya–menyatakan, diterjunkannya sejumlah atlet bukan tanpa alasan. Karena sejauh ini, kata dia, atlet hanya menjalani latihan rutin di sekitaran komplek Stadion Patriot Chandrabhaga, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan.

”Kita ingin melihat sampai mana keterampilan mereka selama persiapan latihan selama ini. Disini juga kita dari pengurus wushu Kota Bekasi akan melihat apa saja yang menjadi kekurangan atlet kita karna seorang atlet tidak bisa dilihat pada saat latihan terkadang mereka bagus dilatihan pas pertandingan kurang memuaskan. Makanya kami dari pengcab wushu akan coba memaksimalkan lagi latihan dan jam terbang atlet,” jelasnya.

Riad menjelaskan, untuk klub wushu di Bekasi masih minim. Di Kota Bekasi sendiri, kata dia, hanya ada satu klub yakni Naga Mas. Olahraga serupa, kata dia, yang mendekati Wushu yakni masih Muay Thai.

”Kungfu Festival Wushu akan diikuti beberapa sasana, se-Jabar, DKI serta Sulut dan Sumatra. Tapi kita masih konfirmasi juga klub lainnya. Kita pengcab memfasilitasi dan kerja sama dalam kejuaraan,” jelasnya.
Ia menambahkan, persiapan yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari persiapan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022.

Riad menegaskan, persiapan menuju olahraga multievent Porda perlu adanya evaluasi atlet. Sehingga sejumlah kejuaraan disasar selain program latihan.
”Tahapan ini memang untuk pematangan Porda nanti. Kita memang agendakan banyak tryin dan tryout bagi atlet binaan yang kita miliki,” tukasnya. (dan)

Related Articles

Back to top button