Berita UtamaCikarang

Kali Jambe Tercemar Limbah Pabrik

Radarbekasi.id – Aliran Kali Jambe yang melintas di wilayah Perumahan Papan Mas blok A, Desa Setiamekar tercemar limbah pabrik yang diduga berada di wilayah sekitar, Kamis (2/4) pagi.

Warga Perumahan Papan Mas Blok A, Agus (40) mengatakan, kondisi pencemaran Kali Jambe di wilayah sekitar tempat tinggalnya pertama kali diketahui oleh salah satu warga ketika sedang melintas di jembatan Blok A, pada Kamis (2/4) pagi. Warga tersebut melihat air tersebut berubah warna.

“Kan kalau sehari-hari itu warnanya item, tapi tadi berubah menjadi warna merah,” kata Agus kepada Radar Bekasi.

Agus mengaku tidak tahu bagaimana kali tersebut dapat tercemar limbah.”Saya dikirimin video Kali Jambe itu pagi, dan kalau dilihat dari warna air itu memang tercemar limbah pabrik cuma belum tahu dari pabrik mana,” ucapnya.

Sementara saat dikonfirmasi terkait hal itu, Camat Tambun Selatan, Junaefi membenarkan pencemaran Kali Jambe di wilayahnya tersebut. Namun demikian, diakui dia, saat ini pihaknya belum dapat memastikan sumber limbah tersebut.

“Iya memang tadi pagi kami terima laporan warga, dan setelah kami pun langsung cek lokasi untuk bisa menelusuri titik awal limbah berasal bersama Satpol PP dan Desa. Tapi sampai saat ini kita belum ketemu titik awalnya,” kata Junaefi.

Junaefi menegaskan, kondisi Kali Jambe kembali normal dan warna airnya pun sudah seperti biasanya. “Udah normal, dan warna kali juga sudah kembali ke semula. Tapi sampai kini, kita tetap lakukan penelusuran guna pastikan sumbernya,” pungkasnya. (mhf)

Related Articles

Back to top button