Bekasi

PSBB Jakarta, Jadwal Operasional Kereta Tetap Sama

ILUSTRASI: Stasiun Bekasi. Foto: Dok/Raiza Septianto/Radar Bekasi

RADARBEKASI.ID, BEKASI – PT KAI (Persero) menyampaikan, terkait penetapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah DKI Jakarta mulai 10 April 2020, perseroan tidak melakukan perubahan atau penyesuaian kembali terhadap jadwal operasional kereta di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

“Sejauh ini masih dengan program (jadwal) yang sama,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunissa, Rabu (8/3).

Perubahan jadwal sebagai dampak Covid-19 sendiri telah berlaku sejak Maret 2020 lalu. Sementara penyesuaian jadwal perjalanan kereta rel listrik (KRL) Commuterline Jabodetabek terbaru berlaku terhitung sejak 7 April 2020 kemarin.

“Sudah dilakukan sejak 23 Maret, untuk April ini terdapat 48 KA yang dikurangi perjalanannya,” ucapnya.

Sebagai informasi, penyesuaian jadwal operasi tersebut berlaku untuk lima rute KRL mulai dari Cikarang Bekasi-Jakarta Kota pp, Duri-Tangerang pp, Rangkasbitung Maja Parung Panjang-Tanah Abang pp, Jakarta Kota-Tanjung Priok pp, dan Bogor Namba Depok-Jakarta Kota, Jatinegara, Angke.

Adapun rute Cikarang Bekasi-Jakarta Kota pp, keberangkatan paling pagi dari Stasiun Cikarang adalah pukul 4.40 WIB, sementara dari Bekasi, keberangkatan paling pagi adalah pukul 4.38 WIB.

Keberangkatan paling akhir dari Cikarang adalah pukul 20.18 WIB. Sementara itu keberangkatan paling akhir dari Bekasi pada pukul 18.26 WIB.

Sebaliknya, dari Jakarta Kota menuju ke Cikarang dan Bekasi, keberangkatan paling pagi ke Cikarang pada pukul 05.31 WIB. Keberangkatan ke Bekasi 05.21 WIB.

Kereta terakhir ke Cikarang dijwadwalkan pada pukul 19.25 WIB dan ke Bekasi 19.49 WIB. Sementara itu, untuk rute Duri-Tangerang pp, keberangkatan paling awal dari Stasiun Duri dijadwalkan pada pukul 5.20 WIB dan kereta terakhir terjadi pada pukul 20.06 WIB. Sebaliknya, dari Tangerang, keberangkatan paling awal pada pukul 4.30 WIB dan paling akhir pada pukul 19.20 WIB.

Penyesuaian jadwal untuk rute Rangkasbitung Maja Parung Panjang-Tanah Abang pp, keberangkatan paling awal dari Rangkasbitung dilakukan pada pukul 4.00 WIB dan keberangkatan paling akhir pada pukul 18.00 WIB. Tanah Abang menuju Parung Panjang, keberangkatan paling pagi dijadwalkan pukul 5.25 WIB dan paling akhir pukul 19.25 WIB. Adapun rute Tanah Abang-Serpong, keberangkatan paling akhir adalah pukul 20.05 WIB.

Sedangkan untuk rute Jakarta Kota-Tanjung Priok pp, keberangkatan paling pagi dari Stasiun Kota dilakukan pada pukul 06.00 , dan kereta terakhir dari stasiun itu berangkat pukul 19.30 WIB. Sebaliknya, dari Tanjung Priok, kereta pertama berangkat pukul 06.30 WIB dan kereta terakhirnya berangkat ke Jakarta Kota pukul 20.00 WIB.

Terakhir, untuk rute Bogor Namba Depok-Jakarta Kota, Jatinegara, Angke, keberangkatan pertama dari Bogor menuju Jakarta Kota, dijadwalkan pada pukul 4.02 WIB pada Senin hingga Jumat, dan 04.12 WIB pada akhir pekan. Sedangkan keberangkatan dari Bogor ke Angke, kereta pertama beroperasi pukul 04.07 WIB.

Sebaliknya, keberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota menuju Bogor paling awal adalah pukul 05.43 WIB sementara dari Jatinegara ke Bogor paling awal pukul 05.04 WIB. Adapun kereta terakhir dari Angke ke Bogor beroperasi pukul 20.02 WIB, dari Jatinegara 19.01 WIB dan dari Jakarta Kota 19.55 WIB.

Selain jadwal keberangkatan paling awal dan paling akhir, operasional KRL tetap berjalan normal sejak pukul 04.00-20.00 WIB, dengan jarak antarkereta bervariasi untuk setiap rute. “Itu sudah lebih dari 50 persen dari total perjalanan yang biasanya beroperasi perhari sebanyak 69 ka (67 ka reguler + 2 ka tambahan),” pungkasnya. (jpc)

Tags
Close