Pendidikan

Rampungkan Revisi RKAS

Radarbekasi.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi menyampaikan bahwa ratusan sekolah telah rampungkan revisi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) 2020.
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan Disdik Kota Bekasi Taufik mengatakan, sekolah yang menyelesaikan RKAS sudah bisa membelanjakan anggaran melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Sekolah sudah bisa membelanjakan sesuai dengan perubahan RKAS yang dibuat,” ujar Taufik, kepada Radar Bekasi, Rabu (17/6).

Sekolah baik negeri maupun swasta di tingkat SD dan SMP merubah RKAS pada masa pandemi Covid-19 atau sekitar Mei 2020. Berdasarkan data yang dihimpun Disdik Kota Bekasi, terdapat 325 sekolah swasta dan 410 sekolah negeri tingkat SD dan SMP yang sudah menyelesaikan perubahan RKAS. Perubahan RKAS dilakukan guna memenuhi kebutuhan sekolah di masa pandemi Covid-19.

“Perubahan RKAS ini untuk memenuhi kebutuhan sekolah d imasa pandemi, seperti alat kebersihan, sabun dan penyemprotan disinfektan. Intinya anggaran dipergunakan untuk melindungi sejumlah tenaga pendidik yang melakukan aktifitas di lingkungan sekolah,” jelas Taufik.

Menurutnya, perubahan RKAS dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara sekolah dan komite, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan satuan Pendidikan. Sebelum melakukan perubahan, sekolah menyampaikan surat permohonan ke Disdik.

“Biasanya sekolah merubah RKAS itu karena adanya perubahan jumlah murid di Dapodik, bisa juga karena adanya perubahan parsial. Intinya semua tergantung kebutuhan dan keputusan dari masing-masing sekolah,” pungkasnya. (dew)

Related Articles

Back to top button