Berita Bekasi Nomor Satu

Lulusan SMK Belum Terima Ijazah

ilustrasi
ilustrasi

Radarbekasi.id – Lulusan SMK pada tahun ajaran 2019/2020 belum menerima ijazah. Wakil Kepala SMKN 4 Kota Bekasi bidang Kurikulum Asmainita Rahmi menyampaikan, bahwa 302 siswa yang lulus pada tahun ini belum menerima ijazah.

“Ijazah belum dikeluarkan,” ujar Asmainita, belum lama ini.

Kepala Seksi Pengawas KCD Pendidikan Wilayah III Awan Suparwana menjelaskan, pihaknya belum menerima hasil cetak ijazah SMK dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sedangkan ijazah SMA sudah diterima, dan selesai distribusikan ke sekolah.

“Kita belum menerima hasil cetak ijazah untuk tingkat SMK dari pusat, hanya untuk tingkat SMA saja yang sudah rampung diberikan kepada KCD dan sudah disampaikan ke sekolah masing-masing,” ujar Awan.

Berdasarkan data yang dihimpun KCD Pendidikan Wilayah 3, terdapat 21.519 siswa tingkat SMK di Kota Bekasi lulus pada tahun ajaran 2019/2020. Awan menyampaikan, pihaknya telah menghimbau kepada sekolah untuk mengeluarkan surat keterangan lulus (SKL) sebagai pengganti ijazah untuk mencari kerja.

“Kita sudah arahkan kepada sekolah agar mengelurkan SKL sebagai pengganti sementara ijazah yang belum keluar dan ini berlaku di seluruh Indonesia bukan hanya di Kota Bekasi saja,” tukasnya. Awan belum dapat memastikan ijazah untuk SMK keluar. (dew)


Solverwp- WordPress Theme and Plugin