BekasiBerita UtamaCikarang

Bupati Disarankan Terapkan Pola Karir Rotasi Mutasi

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Ani Rukmini mengkhawatirkan, setelah terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) no 44 tahun 2020 tentang Pola Karir Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, tidak diimplementasikan.

Kata Ani, adanya Perbup yang mengatur Pola Karir bagi ASN dapat memberikan stimulus semangat dan meningkatkan kualitas kerja sebagai abdi negara.

“Saya apresiasi adanya regulasi Pola Karir. Sebab, ketika rotasi mutasi sudah menjadi rahasia umum, dalam penilaian yang subjektif. Namun dengan terbitnya Perbup tersebut, tentunya menjadi suatu semangat bagi ASN. Tapi hal ini jangan hanya ada di atas kertas atau draf tanpa adanya implementasi,” saran Ani.

Politisi PKS ini mengimbau, para ASN juga harus berani memberikan penilaian apabila dalam proses rotasi mutasi tidak sesuai dengan regulasi. Sebab apabila para ASN yang menjalankan roda pemerintahan tidak sesuai dengan kualitas serta kemampuan dalam menjalankan amanah. Dampaknya program kerja atau target capaian yang terbengkalai.

“Jadi saya harap, para ASN juga semangat bekerja untuk mencapai program kerja yang direncanakan. Sebab kalau tidak maksimal, dampaknya program kerja yang tidak tercapai mengakibatkan masyarakat yang dirugikan,” ujar Ani.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Setda Pemkab Bekasi, Doni Sirait menyampaikan, adanya Perbup tentang Pola Karir merupakan untuk memberikan kepastian hukum kepada para ASN.

Kemudian dalam pengangkatan karir bagi ASN, juga ada penilaian yang objektif. Sebab dalam Perbup tersebut diatur bagaimana proses rotasi mutasi, promosi dan dalam pemberian sanksi bagi ASN apabila melakukan kesalahan.

“Perbup ini khusus untuk ASN di lingkungan Pemkab Bekasi. Dengan adanya Perbup ini, seluruh ASN dapat bersaing secara sehat untuk meraih karir, dan mencapai tujuan serta program yang direncanakan untuk kepentingan masyarakat,” terang Doni. (and)

Close